Peran Kader Kampung KB dalam Mensosialisasikan Pengaturan Jarak Kehamilan pada Masa Pandemi Covid 19

aditya farit subekti

Abstract


Kampung KB merupakan keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat. Kader kampung KB, adalah tenaga sukarela yang dipilih guna membantu menyelenggarakan program kependudukan dan Keluarga Berencana di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kader Kampung KB dalam Mensosialisasikan pengaturan jarak kehamilan dimasa pandemi.

            Tipe penelitian ini adalah deskriptif serta penelitian ini tergolong menggunakan desain riset kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang kader perwakilan setiap RW yang dipilih oleh Key Person. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi Sumber dengan wawancara mendalam dan dokumentasi kegiatan.

            Hasil dalam penelitian ini adalah karakteristik kader Kampung KB Desa Tegaren cukup baik, didukung dengan motivasi diri, serta adanya dukungan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama, walaupun dalam hal ini belum ada aturan yang mengikat untuk membantu kinerja kader. Selain itu diketahui walaupun dimasa pandemi, kader tetap melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara door to door untuk membantu mengatur jarak kehamilan dimasyarakat.

             Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, kader tetap melakukan tugasnya untuk mensosialisasikan pengaturan jarak kehamilan dan penggunaan alat kontrasepsi serta pemantauan kesehatan  kepada masyarakat secara door to door. Saran untuk kader agar lebih meningkatkan potensi sumber dayanya


Keywords


Kampung KB; Kader Kampung KB; Pandemi Covid-19; Pengaturan Jarak Kehamilan

Full Text:

PDF

References


Aditya, Renny, and Samuel Tobing. 2020. “Pengaruh Penyuluhan Antisipasi Baby Booming Era Pandemi Bagi Bidan Puskesmas Kota Banjarmasin.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 3:274–78. doi: 10.37695/pkmcsr.v3i0.735.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana. 2017. “Pedoman Pengelolaan Kampung KB.” 1–20.

BPS, kabupaten Trenggalek. 2021. BPS Kabupaten Trenggalek Dalam Angka Tahun 2021. BPS Kabupa. edited by BPS Kabupaten Trenggalek. Kabupaten Trenggalek: BPS Kabupaten Trenggalek.

Desiana. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Kader Dalam.” 1(1):24–32.

Jannah, Isnul. 2019. “Jurnal Mahasiswa Dan Penelitian Kesehatan Hubungan Pelatihan, Imbalan, Supervisi, Dan Motivasi Dengan Kinerja Kader Jumantik Di Kecamatan Pontianak Timur Kota Pontianak.” 6(2):42–49.

Kemenkes RI. 2020. “Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19).” Germas.

DI Latifah. 2018. “Hubungan Pelatihan Dengan Kinerja Kader Posyandu DI Latifah Nur Sefa Arief Hermawan STIKES Mitra Lampung.” 3(2):1–7.

Mutiarawati, A. Y. U. 2018. “Pelaksanaan Program Kampung Keluarga Berencana.”

Notoadmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Metodologi Penelitian Kesehatan. jakarta: raneka cipta.

Perwakilan BKKBN Jawa Timur. 2021. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Perwakilan Bkkbn Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Perwakilan. edited by Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. surabaya: Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. 19th ed. Bandung: alfabeta.

Syahra Sonia Andhik, Dkk. 2020. “EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DAN KESEHATAN REPRODUKSI DI KAMPUNG KB KABUPATEN : STUDI KASUS KECAMATAN.” 23(04):120–26.

WHO. 2020. “Coronavirus Disease (COVID-2019) Situation Reports.” World Health Organisation.

Wulandari, Lisa, Zainal Abidin, and M. Dedi Widodo. 2021. “Media Kesmas ( Public Health Media ).” 1:339–52.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkmm.v4i2.8227

Copyright (c) 2022 Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)
e-ISSN: 2686-3601 (ONLINE)
Ruang Jurnal Lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman,
Jl. Sambaliung, Kampus Gn. Kelua Samarinda, Kalimantan Timur  (75123)
Website : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH 
Email  : journal.JKMM@gmail.com

Creative Commons License

JKMM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the JKMM and license the republished material under the same license.