Evaluasi Program Pembangunan Mass Rapid Transit di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta

Zumrotul Islamiah, Eka Satya Wijayanti, Kezia Hesed Julinda Rahadi, Mutiah Dwi Wahyuni, Salsabila Salsabila

Abstract


Jakarta merupakan daerah yang menjadi pusat kegiatan pemerintahan, ekonomi, dan kebudayaan, Bodetabek atau Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi, merupakan area penyangga dari Jakarta yang sebagian besar dihuni oleh masyarakat urban perkotaan. Untuk menunjang mobilitas masyarakat kota Jakarta, fasilitas transportasi menjadi hal yang penting dan layak untuk diperhatikan. Meningkatkan infrastruktur dan menambah sarana transportasi umum perkotaan sebagai upaya utama dalam mengatasi permasalahan kemacean lalu lintas. Untuk mencapai tujuan tersebut Dinas Perhubungan Jakarta memiliki strategi untuk mengembangkan sistem angkutan umum masal dengan kebijakan untuk membangun Sistem Angkutan Umum Masal berbasis Rel melalui pembangunan MRT. MRT adalah Mass Rapid Transit yaitu angkutan cepat terpadu dimana merupakan sebuah sistem transportasi transit cepat berbasis rel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pembangunan Mass Rapid Transit di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, dilihat dari segi efektifitas, efisiensi, kecukupan, responsivitas, dan ketepatan sehingga dari hasil evaluasi ini dapat menjadi perbaikan terhadap pembangunan program Mass Rapid Transit di Ibu Kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan data sekunder.


Kata Kunci : Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Evaluasi, Mass Rapid Transit


Full Text:

PDF

References


Abbas Ibnu. 2015. Evaluasi Kebijakan Pembangunan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Miskin Di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Paradigma, Vol. 4 No.2

Affandi A L. 2019. Tesis : MASS RAPID TRANSIT (MRT) DAN TRAFFICT RESTRAINT: ANALISIS PERGESERAN MODA PENGGUNA KENDARAAN PRIBADI SEBAGAI RESPON ATAS KEBIJAKAN TRANSPORTASI BARU DI JAKARTA. Tersedia pada http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/173169

Bappenas. 2009. Pedoman Evaluasi Kinerja Pembangunan Sektoral. Jakarta: Indonesia.

Diakses secara [Online] pada : https://www.centreforpublicimpact.org/case-study/jakartas-mass-rapid-transit-mrt-2011-ongoing. Pada tanggal 2 Juni 2021 pukul 21.00 Wita.

Diakses secara [Online] pada : https://www.mymrt.com.my/public/mrt-need-to-know/. Pada tanggal 2 Juni 2021 pukul 22.34 Wita.

Jang Lingko Indonesia dan PT MRT Jakarta (Perseroda). 2020. Laporan Tahunan 2020. Jakarta: PT. MRT Jakarta.

Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 2019. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019. Jakarta: Indonesia.

Purnomo, Kristianto. 2019. Harga Kurang Kompetitif, MRT Dianggap Kurang Menarik Minat Pindah Moda. https://money.kompas.com/read/2019/04/03/150000026/harga-kurang-kompetitif-mrt-dianggap-kurang-menarik-minat-pindah-moda (diakses 2 Juni 2021).

PT MRT Jakarta. 2017. Kajian Akademis Kebutuhan Peningkatan Modal PT MRT Jakarta untuk Tambahan Pendanaan MRT Jakarta Fase 1 (Lebak Bulus – Bundaran HI) dan Pendanaan MRT Jakarta Fase II (Bundaran HI-Kampung Bandan). Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v13i1.6114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License