PEMBINAAN SUMBER DAYA APARATUR DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA BONTANG

Abdul Azis, Adam Idris, Enos Paselle

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembinaan sumber daya aparatur dalam rangka peningkatan kinerja pegawai pada kantor BPKAD Kota Bontang serta mengidentifikasi kendalanya. Penelitian inimerupakan jenis penelitian kualitatif yang berlokasi di BPKAD Pemerintah Kota Bontang. Fokus Penelitian mengacu pada pembinaan sumber daya aparatur dalam rangka peningkatan kinerja pegawai pada kantor BPKAD Kota Bontang, meliputi Kebijakan pembinaan sumber daya aparatur, pendidikan, pelatihan, sekolah kader dan kendala yang dihadapi. Datadiperoleh denganteknikwawancara,observasi,dandokumentasi,yang kemudiandianalisis denganmenggunakanmodelanalisisinteraktif melaluitahap reduksidata, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembinaan sumber daya aparatur dalam rangka peningkatan kinerja pegawai pada kantor BPKAD Kota Bontang secara umum telah terlaksana namun belum maksimal, hal dapat diketahui bahwa kebijakan dalam pembinaan SDM belum optimal terutama  melalui alokasi anggaran, hal ini karena program pembinaan pegawai belum menjadi program prioritas selain itu belum ada kebijakan khusus dan konsisten untuk menetapkan alokasi anggaran untuk pembinaan melalui pengembangan sumber daya manusia di BPKAD Kota Bontang. Pelaksanaan pembinaan pegawai melalui pendidikan telah dilakukan namun belum optimal, hal ini dikarenakan saat ini pelaksanaan pembinaan melalui tugas belajar belum dilakukan, namun untuk ijin belajar telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Kegiatan pelatihan yang pernah diikuti oleh para pegawai melalui pelatihan klasikal dalam bentuk Bimtek dilakukan secara tatap muka dan memberikan hasil baik karena efektif untuk dapat menambah wawasan serta pengetahuan pegawai, namun belum dilakukan secara berkala dan berjenjang. Sementara itu untuk peningkatan keahlian melalui kompetensi fungsional dilakukan  melalui pelaksanaan Bimtek dan pelatihan teknis sesuai dengan kompetensi pegawai namun masih sangat terbatas lembaga pelaksannya. Kemudian untuk kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural dilakukan  oleh LAN telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai harapan. Pelaksanaan kegiatan untuk sekolah kader sebelumnya telah dilaksanakan namun saat ini belum kembali dilaksanakan di BPKAD Kota Bontang.  Kemudian Kendala yang dihadapi dalam pembinaan sumber daya aparatur dalam rangka peningkatan kinerja pegawai yaitu belum adanya pembinaan pegawai yang efektif, Pelaksanaan Bimtek dan sosialisasi belum merata ke semua bagian dan masih adanya pegawai yang mengikuti bimtek tidak sesuai dengan tupoksinya serta keterbatasan anggaran pembinaan.

Full Text:

PDF

References


Fathya, V. N. (2017). Reformasi manajemen SDM aparatur di Indonesia. GOVERNMENT: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 49–56.

Handoko, T. H. (1986). Manajemen. Edisi II. BTFE. Yogyakarta.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mediakaltim.com, R. (2022). Peningkatan Indeks Profesionalitas ASN Pemkot Bontang, Wujudkan Gerakan dan Tekad Bersama Seluruh ASN. Https://Mediakaltim.Com/. https://mediakaltim.com/peningkatan-indeks-profesionalitas-asn-pemkot-bontang-wujudkan-gerakan-dan-tekad-bersama-seluruh-asn/

Moenir, H. A. S. (2001). Managemen Pelayanan Umum Untuk Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Mulyani, S. (2020). PEMBINAAN PEGAWAI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PURI HUSADA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 3(4), 467–482.

Musanef. (1995). Manajemen usaha pariwisata di Indonesia. Gunung Agung.

Mustopadidjaja, A. R. (2001). Refor-masi Birokrasi, Perwujudan Good Governance, dan Pembangunan Masyarakat Madani. Makalah Seminar Pada Silaknas ICMI, 20001.

Prasojo, E., Kurniawan, T., & Holidin, D. (2007). An analysis of the government systems in Indonesia. Draft of the Final Report for Administrative Sciences Department University of Indonesia and Korea-Australasia Research Centre the University of New South Wales.

Thomassawa, R. (2020). Pembinaan Aparatur Terhadap Peningkatan Kinerja pada Kanor Lurah Gebangrejo Barat Kecamatan Poso Kota. Jurnal Ilmiah Administratie, 13(1), 52–64.

Tjokroamidjojo, B. (1997). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: PT. Toko Gunung Jagung.

Wasistiono, S. (2002). Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah. Bandung: Fokusmedia.

Widjaja A.W. (1995). Pemerintahan Desa dan Administrasi Desa Menurut Undang-undang Nomor 5 Tahun 1979 (Sebuah Tinjauan). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Yadi, Y. K. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kepegawaian Terhadap Manajemen Pembinaan Pegawai Untuk Mewujudkan Kinerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Garut. Jurnal Publik, 14(2), 66–74.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v12i2.11722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License