PENYUSUNAN SCENARIO PLANNING TERKAIT PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA (IKN)

Alinda Dewi Trisnawati

Abstract


Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) saat ini diperankan oleh provinsi DKI Jakarta. Jakarta bukan hanya sebagai ibu kota negara Indonesia yang dalam hal ini berfungsi sebagai pusat administrasi instansi pemerintah dengan berbagai lokasi dan fungsi , namun juga sebagai pusat perdagangan dan bisnis yang serba guna. Selain itu banyak kegiatan perekonomian domestic dan internasional berlangsung di Jakarta terkait potensi dan kerentanan lingkungan hidup kota Jakarta, seperti banjir, tanah longsor, erosi air laut, pencemaran sungai yang sangat parah, dan kemacetan lalu lintas. Berdasarkan persoalan tersebut maka pemindahan ibu kota negara (IKN) harus dipersiapkan secara matang. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyusunan scenario planning ( Alat Formulasi strategi untuk menghadapi masa depan) pemerintah dalam pemindahan ibu kota negara. Hasil dari penelitian ini  bahwa penyusunan scenario planning terkait pemindahan ibu kota negara dilihat dari banyak aspek, yaitu aspek sosiologis, geografis, geopolitik dan ekonomi serta strategi yang diuganakan dalam proses pemindahan ibu kota negara diharapkan dapat memberikan kontribusi terkait perbaikan tata kelola pemerintahan dan prosedur kolaboratif antara masyarakat dan pemerintah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan atau biasa disebut dengan studi literatur (library research).

Full Text:

PDF

References


Sabandar, S. (2016, Agustus 15). Cerita Dibalik Aksi Pindah Ibukota ke Jogja. Liputan6. https://www.liputan6.com/regional/read/2577674/cerita-di-balik-aksi-pindahibu-kota-ke-jogja.

Herdiana, D. (2022). Pemindahan Ibukota Negara: Upaya Pemerataan Pembangunan ataukah Mewujudkan Tata Pemerintahan yang Baik. Jurnal Transformative, 8(1), 1–30. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2022.008.01.1

Baqiroh, N. F. A. B. (2019, Mei 3). Wacana Pemindahan Ibukota: Jakarta Tetap jadi Pusat Bisnis. Kabar24 https://kabar24.bisnis.com/read/20190503/15/918474/wacana-pemindahan-ibukota-jakarta-tetap-jadi-pusat-bisnis

Purnama, S. J., & Chotib, C. (2023). Analisis kebijakan publik pemindahan ibu kota negara. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 13(2), 153–166.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v12i2.13550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License