Gambaran Tingkat Kecemasan Orangtua Terhadap Dampak Negatif Gadget pada Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Harapan Baru Samarinda

Ediyar Miharja, Dhita Fitriyanti

Abstract


Latar Belakang: Gadget  adalah suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Gadget pada jaman seperti sekarang sudah sangat modern dan mudah untuk digunakan, salah satunya penggunanya ialah anak-anak, Gadget juga mempunyai dampak positif dan dampak negatif yang dapat memunculkan kecemasan terhadap orangtua. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan orangtua terhadap dampak negatif gadget pada anak usia 6-12 tahun berdasarkan karakteristik meliputi usia, pekerjaan, pendidikan, dan perannya sebagai orangtua. Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel secara Accendetal. Penelitian dilakukan dari bulan April-Mei 2019 dengan melibatkan 37 responden. Hasil: Hasil penelitian didapatkan Pada tingkat kecemasan responden berdasarkan usia didapatkan kecemasan sedang usia 36-45 tahun yaitu 6 responden (16%). Berdasarkan pendidikan responden kecemasan sedang pada responden bekerja swasta yaitu 5 responden (14%). Tingkat kecemasan responden menurut jenis pendidikan terakhirnya kecemasan sedang  pendidikan SLTA sebanyak 6 responden (16%). Berdasarkan peran sebagai orangtua  tingkat kecemasan ringan pada ibu sebanyak 10 responden (27%). Simpulan dan Saran : kecemasan orangtua yang banyak terjadi pada kategori sedang terhadap dampak negatif gadget pada anak. Puskesmas dapat melakukan edukasi terhadap orangtua untuk mengatasi masalah dampak negatif gadget ini.

Kata Kunci : Dampak Negatif Gadget, Tingkat Kecemasan,Usia 6-12 Tahun

Full Text:

PDF

References


Alghamdi, Y. (2017). Negative Effects of Technology on Children of Today Negative Effects of Technology on Children of Today Yasser Alghamdi Oakland University, (August), 0–13. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35724.62089. Diakses pada 20 Desember 2018.

Arfianto, A. D. (2017). Gambaran Kecemasan Terhadap Pengaruh Gadget Bagi Usia Remaja Awal Pada Orang Tua yang Bekerja di Luar Rumah (Karya Tulis Ilmiah). Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Diakses pada 11 November 2018.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian, 17(2), 315–330. Retrieved from https://www.google.co.id/url?q=http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/download/842/586&sa=U&ved=2ahUKEwjr74u094ndAhXNbX0KHa_4BYwQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw2AY4LkIZy7f_Unc-DcqBWf. Diakses pada 20 Desember 2018.

Hawari, Dadang. (2011). Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta : Balai Penerbit FKUI.

Jafar, Nurhaedar. (2016). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Sekolah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanudin Makassar. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/50215/4/Chapter%20II.pdf Diakses pada 12 Maret 2019.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurhalimah. (2016). Keperawatan Jiwa. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Nursalam. (2013). Konsep Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo :Zifatama Publishing.

Purwanto, Teguh. (2015). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rumbai, S., & Dharmasraya, K. (2010). Penggunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar di jorong laras minang nagari kurnia selatan kecamatan sungai rumbai kabupaten dharmasraya.

Simamora, A. S. (2016). Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Universitas Lampung. Retrieved fromhttps://www.google.co.id/url?q=http://digilib.unila.ac.id/27131/3/SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwi-14TWt5vdAhXVdH0KHdTMCPQQFjABegQICBAB&usg=AOvVaw1tboqHpW9A3bu8MocWaT33. Diakses pada 11 November 2018.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suliswati. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : EGC.

Sundus, M. (2018). Journal of Depression and Anxiety The Impact of using Gadgets on Children, 7(1), 1–3. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296. Diakses pada

Trinika, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015 (Skripsi). PROGRAM STUDI KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK 2015.

Tukiran Taniredja dan Hidayati Mustafidah. (2012). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung : Alfabeta.

Usman, Mustafa Edwin Nasution Hardius Usman. (2006). Proses Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Warisyah, Y. (2016). Prosiding seminar nasional pendidikan, 2016 (November 2015).

Wiartha, H. A. P. (2017). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Islam di Desa Winong Kalidawir Tulungagung. (Skipsi). Institsi Agama Islam Negeri Tulungagung. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6194/. Diakses pada 12 Maret 2019.

Wiramihardja, Sutardjo A. (2007). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung : Refika Aditama.

Yusuf, A. Muri. (2014). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Yusuh,Ah. (2015). Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : Salemba Medika




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/j.kes.pasmi.kal.v2i2.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

 https://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Google-Scholar.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Garuda.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Ios.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Base.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/47e9Sinta.png

slot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitam