Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru SMK Cakra Pratama Menggunakan Metode Moora

Artsfiaris Tinovartfaba Enoch, Eri Eriansyah

Abstract


Sistem pendukung keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sumber daya manusia berkualitas sangat diperlukan dalam suatu instansi, karena dengan adanya sumber daya yang berkualitas baik berkemampuan dalam bidang fisik, intelektual serta psikologisnya sangat mempengaruhi perkembangan dari suatu instansi. Maka dari itu sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi dapat mendukung tingkat kinerja, dengan penilaian kinerja maka akan diketahui prestasi yang dicapai setiap guru. Oleh karena itu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) agar mempermudah proses penilaian kinerja guru secara obyektif di SMK Cakra Pratama berdasarkan bobot dan kriteria-kriteria penilaian yang sudah ditentukan.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan ; Moora ; Informatika ; Teknik ; Metode

Full Text:

PDF

References


Rozi, and R. A. Asmara. 2017. “Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan UKT Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode MOORA Studi Kasus Politeknik Negeri Malang,” J. Inform. Polinema, vol. 3, pp. 36–42.

Habibah Jayanti Damanik, I. Parlina, H. S. Tambunan, and E. Irawan. 2017. “Sistem Pendukung Keputusan dalam Seleksi Penyiar Radio Boss FM 102.8 Pematangsiantar Menggunakan Metode ELECTRE,” Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Komput., vol. I, pp. 38–44.

Vita, E. S. Astuti, and R. A. Asmara, “PASKIBRAKA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS,” J. Inform. Polinema, pp. 51–55.

S. Sundari, A. Wanto, Saifullah, and Indra Gunawan. 2017. “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Electre Dalam Merekomendasikan Dosen Berprestasi Bidang Ilmu Komputer (Study Kasus di AMIK & STIKOM Tunas Bangsa),” Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu, pp. 1–6.

I. I. Alifatin. 2016. “Analisis Pemilihan Supplier Dengan Metode Analisis Hirarki Proses Pada Toko Pertanian dan Bangunan UD Mansur Jalan Raya Papar Pare Kediri,” Artik. Skripsi Univ. Nusant. PGRI Kediiri, pp. 1–15.

S. Widiyanesti, R. Setyorini, L. Cost, and Q. Respon, “No Title.”

M. Ashari and F. Mintarsih. 2017. “Aplikasi Pemilihan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar dengan Metode MOORA – Entropy,” J. Sist. Inf., vol. 5341, pp. 63–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v17i1.5993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.