Perancangan Sistem Jaringan Komputer Pada Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning

Reza Nur Muhammad, Nataniel Dengen, Novianti Puspitasari

Abstract


Pada saat ini, kemajuan teknologi informasi dan berkembangnya berbagai jenis alat alat elektronik telah berdampak besar pada kehidupan sehari-hari semua orang termasuk juga kegiatan belajar mengajar dan perkantoran. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi disingkat dengan nama FKTI merupakan salah satu fakultas dalam lingkungan Universitas Mulwarman, fakultas ini berfokus pada pengembangan teknologi informasi dan penerapan aplikasi ilmu komputer. Namun, pada saat ini Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi belum memiliki jaringan komputer yang baik dan kurang optimal untuk menghubungkan semua kelas dalam gedung yang terpisah pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan perancangan sistem jaringan komputer pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi menggunakan metode Enterprise Architecture Planning dan akan disimulasikan menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Hasil dari perancangan sistem jaringan komputer pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembuatan cetak biru rancangan jaringan pada saat yang akan datang

Full Text:

PDF

References


Khairina, Dyna Marisa, 2012, Enterprise Architecture Planning untuk pembangunan sistem informasi perguruan tinggi, Vol. 3, Jurnal Sistem Informasi Bisnis.

Kurniawan, Hendra, 2013,Perancangan Arsitektur Sistem Informasi menggunakan Enterprise Architecture Planning (Studi Kasus: Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Lampung Tengah), Vol. 13, No.1, Jurnal Informatika.

Alamsyah, M. Fazjar, 2011, Enterprise Architecture Planning Sistem Informasi Akademik SMK di Kabupaten Sumedang Berbasis Cloud Computing, Vol 1, E-journal Teknik Informatika.

Mulawarman, Universitas. 2010, Blueprint Teknologi Informasi Tahun 2010-2014, Samarinda: Universitas Mulawarman

Pongsapan, Fajar, Yaulie D.Y, Rindengan, B.N Najoan, 2014, Desain Arsitektur Jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Manado Smart City, E-journal Teknik Elektro dan Komputer.

Sofana, Iwan. 2012, CISCO CCNP dan Jaringan Komputer, INFORMATIKA, Bandung.

Tulenan, Virginia. 2013, Planning and Design SOA Architecture Blueprint, E- journal Teknik Informatika.

Supardi, Reno. 2016. Pengembangan Model Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Menggunakan EAP pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Dehasen Bengkulu), No.1, Vol.12, Jurnal Media Infotama.

Johanes E. Siswosubroto, Alicia A. E. Sinsuw, Xavierus B.N Najoan. 2015, Analisa dan Perancangan Arsitektur Jaringan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit (BTKLPP), No.5, Vol.4, 123-130, e-journal Teknik Elektro dan Komputer.

Utomo, Andy Prasetyo, 2014, Permodelan arsitektur Enterprise Sistem Informasi Akademik pada Perguruan Tinggi Menggunakan Enterprise Architecture Planning , Vol 5, No. 1, Jurnal SIMETRIS.

Akhmad Dharma Kasman. 2015. Framework Laravel 5. CV.ASFA Solution. Cirebon

Anne, dan Peter McCawley (1985). Ekonomi Orde Baru, Jakarta: LP3ES,

Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta

Alexander F. K. Sibero, 2011, Kitab Suci Web Programing, MediaKom, Yogyakarta.

Astamal, Rio. 2006. Mastering Kode HTML (edisi 2).

Aditya. 2015. “Assignments Final Jurnal”

Anhar. 2010. “Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak”. Jakarta: Mediakita. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) “Arti kata yudisium.

Jogiyanto. 1989. Analisis dan Desain. Andi Ofsset. Yogyakarta

Jogiyanto, HM. 2001. “Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur”. Andi Offset. Yogyakarta

Kristanto, Andi. 2008. “Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya”. Edisi Revisi. Cet. 1. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v1i2.908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter