Sistem Informasi Geografis Pasar Malam Kota Samarinda Berbasis Mobile

Wawan Firmansyah, Edy Budiman, Pohny Pohny

Abstract


Kota Samarinda adalah salah satu kota yang perekonomiannya cukup berkembang. Itu semua dikarenakan kota samarinda memiliki jumlah pedagang yang cukup banyak. Pasar adalah salah satu tempat di mana ada seseorang menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang tunai. Pasar malam merupakan salah satu objek wisata andalan masyarakat kota Samarinda. Pasar malam di Kota Samarinda terdapat dibeberapa titik lokasi yang berbeda bahkan dalam waktu (hari) yang sama. Satu hari, bisa terdiri dari 5 bahkan lebih titik lokasi pasar malam. Namun pada saat ini belum ada sistem informasi yang menyajikan informasi dimana letak-letak pasar malam di Kota Samarinda. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pembuatan sistem informasi geografis pasar malam di Kota Samarinda berbasis mobile. Hasil dari pembuatan sistem informasi geografis ini diharapkan dapat menjadi modal utama agar masyarakat Kota Samarinda mengetahui jadwal pasar malam di berbagai titik lokasi yang berbeda

Full Text:

PDF

References


M. Endah and E. Maria, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Penyebaran Pelayanan Jemaat,” Semnasteknomedia, vol. 1, no. 1, pp. 11–16, 2013.

Donna Richard Lasut, 2015. Sistem Informasi Geografis Pasar Malam Kota Samarinda. Samarinda : Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman.

Edwar, Hary Budiarto, Ahmad Fitriansyah, 2013. Sistem Informasi Geografis Lokasi Tempat Ibadah di Denpasar Berbasis Mobile. Bali : Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Eresha Jakarta STMIK Stikom Bali.

Matzachri, 2015. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Pemetaan Lokasi Dealer Motor Yamaha Di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan bangka belitung : Teknik Informatika STMIK Atma Luhur Pangkalpinang,

Mohammad Vieky Toyibah, Desy Purwanti Kusumaningrum, M.Kom, 2015. Sistem Informasi Geografis Pondok Pesantren di Kota Rembang Berbasis Android. Rembang : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro.

Shodiq, Amri. 2009. Tutorial Dasar Pemrograman Google Maps API. Desember 2012.

Silvia Tauriska P, Muhammad Adri, Titi Sriwahyunii, 2016. Sistem Informasi Geografis (SIG) Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Bungo Berbasis Mobile. Padang : Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Widyawati, Irene F. Nitya, Syarifah Syaukat, Rudy P. Tambunan, Tri E. B. Soesilo, 2011. Penggunaan Sistem Informasi Geografi Efektif Memprediksi Potensi Demam Berdarah Di Kelurahan Endemik. Jakarta, Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Riyanto, P.E. Putra dan H. Indelarko, 2009. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis: Berbasis Dekstop dan Web, Gava Media, Yogyakarta.

Hartono, J. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter