Media Informasi Berbasis Android Tentang Jenis-Jenis Narkoba Di Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur

Muhammad Ridha Febrian, Nataniel Dengen, Bambang Cahyono

Abstract


Dengan semakin meningkatnya tingkat penyalahgunaan narkoba di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur akibat masih kurangnya penyebaran informasi mengenai jenis-jenis narkoba dan dampak yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba. Hal ini tentu menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah dan masyarakat. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat menjadi salah satu pemicu bertambahnya tingkat penyalahgunaan narkoba karena minimnya informasi yang didapat masyarakat akan jenis-jenis narkoba dan bahaya akibat penggunaan obat-obatan tidak sesuai dosis atau tanpa resep dokter. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah media informasi yang dapat membantu penyebaran informasi kepada masyarakat mengenai narkoba dan informasi lainnya dengan memanfaatkan teknologi yang perkembangannya cukup pesat di kalangan masyarakat. Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan yang cukup signifikan adalah smartphone. Oleh karena itu smartphone menjadi media yang tepat dalam menyebarkan informasi narkoba. Perancangan dan pembangunan media informasi ini berbasis Android dan website dengan metode Waterfall. Aplikasi Android digunakan untuk pengiriman informasi dan melihat data, sedangkan website digunakan oleh Admin untuk manajemen data. Hasil dari penelitian ini adalah semakin mudahnya pengguna dalam memperoleh informasi dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Media Kita.

BNN RI. 2016. Pencegahan Bahaya Narkoba Di Lingkungan SMP & SMA/SMK. Jakarta: Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.

Id, Ibnu Daqiqil. 2011. Framework CodeIgniter: Sebuah Panduan dan Best Practice. Pekanbaru.

Nasution, Elfi Mawaddah. 2013. Sistem Informasi Narkotika dan Obat-Obatan (Narkoba) Berbasis Web Pada Gerakan Anti Narkoba (GAN). Medan: Politeknik Negeri Medan.

Pressman, Ph.D. Roger S. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Safaat, Nazruddin. 2011. Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Bandung: Informatika.

Setiyawati, Linda Susilaningtyas, Anik Nurcahyati, Danang Sutiwijoyo. 2015. Buku Seri Bahaya Narkoba. Surakarta: PT. Tirta Asih Jaya.

Shalahuddin, M dan Rosa A. S. 2010. Pemrograman J2ME Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile. Bandung: Informatika.

Shalahuddin, M dan Rosa A. S. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika.

Sujiyati, Yuni. 2013. Media Informasi Narkoba dan Obat-Obatan (Narkoba) Berbasis Android. Yogyakarta: Amikom Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter