Penerapan Algoritma Cart Decision Tree Pada Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara

Herman Santoso Pakpahan, Fenny Indar, Masna Wati

Abstract


Dalam upaya menurunkan persentase angka kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menetapkan sebuah kebijakan/program dalam bentuk perlindungan dan jaminan sosial melalui pemberian santunan kepada warga tidak mampu (SWTM) salah satunya bantuan untuk lansia. Untuk memudahkan pengelompokan calon penerima bantuan dan mengantisipasi serta mencegah kesalahan dalam menyalurkan dana bantuan maka diterapkan metode data mining teknik klasifikasi yaitu menggunakan algoritma CART untuk mengklasifikasi penerima program bantuan berdasarkan variabel yang ada sehingga akan memberikan hasil yang dapat mempermudah penentuan calon penerima bantuan yang benar-benar layak menerima bantuan dan meringankan tugas Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan maka dilakukan lima model percobaan sebesar 55%, 65%, 75%, 85% dan 95% dan dipilihlah model 85% dengan akurasi 98,18% untuk kemudian diimplementasikan ke dalam sebuah aplikasi karena memiliki nilai akurasi lebih tinggi berdasarkan perhitungan confusion matrix dari proses mining yang membandingkan 5 skenario model.

Full Text:

PDF

References


Kursini, Emha Taufik Luthfi. 2009, Algoritma Data Mining, Andi Offset, Yogyakarta.

Susanto, S., and Suryadi, D. 2010, Pengantar Data mining, Andi Offset, Yogyakarta.

Azevedo, A. Santos & Manuel F . (2008) , KDD, Semma and Crisp-Dm: A Parallel Overview, IADIS. ISBN: 978-972-8924-63-8.

Rumagit, Cadwell Marthin, and Charitas Fibriani. "Penerapan Metode ID3 terhadap Perancangan Sistem Penentuan Penerima Bantuan Sosial Pemugaran RTLH Kota Salatiga." Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 2.3 (2016).

Wati, Masna, and Abdul Hadi. "Implementasi Algoritma Naive Bayesian Dalam Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah." STMIK KHARISMA Makassar 3.1 (2017): 22-26.

Rusnawati, Ayu., Wati, Masna., Setyadi, Hario, Jati. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Program Bantuan Sosial Daerah Kutai Kartanegara Menggunakan Metode TOPSIS”. JURTI Vol. 1 (2): 160-169.

Saputra, M Anwar. " Implementasi algoritma Weighted Product dalam Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Program Bantuan Daerah dengan bahasa pemrograman Java." Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (2016).

Saelindri, Pratnya Satria. 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Penerimaan Bantuan Siswa Miskin dengan Menggunakan Metode Topsis.” Jurnal.

Wahyuni, Sri. 2011. “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Raskin Menggunakan Metode Topsis (Techinique For Order Preference Similarity To Ideal Solution) (Studi Kasus : Kelurahan Simpang Baru).” Tugas Akhir.

Sukerti, Ni Kadek . 2015. “Penerapan Fuzzy Topsis Untuk Seleksi Penerima Bantuan Kemiskinan.” Jurnal Informatika, Vol.15, No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v2i1.1372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter