Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Sosial Daerah Kutai Kartanegara Menggunakan Metode Electre

Shiva Mutia Maffirotin, Masna Wati, Hario Jati Setyadi

Abstract


Bantuan sosial (bansos) merupakan pemberian bantuan berupa uang atau barang dari pemerintah daerah kepada individu, keluarga, kelompok dan atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan bersifat selektif, yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial. Sistem pendukung keputusan merupakan suatu alternatif sistem yang bertujuan untuk membantu mengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode Electre sebagai salah satu metode pengambilan keputusan yang mampu membantu Ketua Bidang dan Staff Dinas Sosial Kutai Kartanegara dalam menyeleksi pengusul bantuan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem yang dapat membantu memberikan rekomendasi pengusul bantuan terbaik berdasarkan perhitungan kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak penyeleksi.


Full Text:

PDF

References


Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, 1997. Undang Undang No. 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat, Jakarta : Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, 1998. Undang Undang No, 13 Tahun 1998 tentang Lanjut Usia. Jakarta : Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, 2007. Undang Undang No, 2 Tahun 2007 tentang Penangggulangan Kemiskinan Kab. Kukar. Tenggarong : Dinas Sosial.

Dinas Sosial, 2014. Standar Operasional Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2014. Tenggarong : Dinas Sosial.

Janco & Bernoider., 2005. Multi-Criteria Decission Making: An Application Study of ELECTRE & TOPSIS.

Kusrini, 2008. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi.

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 42 Tahun 2010 Tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi dan Kabupaten / Kota. Sekretariat Negara : Jakarta

Saputera, M. A., Tejawati, A., & Wati, M. (2017, March). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Program Bantuan Daerah Menggunakan Weighted Product. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI).

Sommerville, Ian. 2003. Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta : Erlangga

Wati, M., & Hadi, A. (2017). Implementasi Algoritma Naive Bayesian Dalam Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah. STMIK KHARISMA Makassar, 3(1), 22-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v2i1.1362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter