Penerapan Metode Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan
Abstract
Makalah ini melakukan penerapan metode Naïve Bayes sebagai model untuk mengklasifikasikan kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan menggunakan data sekunder berupa data SKM milik DPMPTSP Kabupaten Berau pada tahun 2020 hingga 2021. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bergerak dalam penyelenggara di bidang pelayanan publik. Mengutip dari laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) milik DPMPTSP pada tahun 2021 menjelaskan bahwa masih adanya keluhan-keluhan yang disampaikan oleh masyarakat melalui berbagai media massa dan jejaring sosial lainnya perihal pelayanan yang telah diberikan. Berdasarkan keluhan tersebut dapat dikatakan jika kualitas pelayanan menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kepuasan masyarakat. Pengujian yang dilakukan pada metode Naïve Bayes menggunakan 300 dataset dengan komposisi pembagian data 70:30 di mana 210 data urut awal digunakan sebagai data training sedangkan 90 data urut akhir digunakan sebagai data testing. Hasil pengujian dengan confusion matrix multi-class pada komposisi data 70:30 diperoleh Accuracy sebesar 0,8111. Selain itu, penelitian ini menggunakan komposisi data 80:20 dan 60:40 sehingga Accuracy yang diperoleh pada masing-masing komposisi adalah 0,8666 dan 0,8583. Selanjutnya, pengujian sistem ini juga dilakukan dengan blackbox testing, sehingga diperoleh sistem yang berjalan dengan sesuai harapan. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan hybrid metode untuk melakukan klasifikasi tingkat kepuasan masyarakat untuk memperoleh hasil akurasi yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, “Survey Kepuasan Masyarkat (SKM) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Berau,” Berau, 2021.
T. Widiarti, L. Winarni, and J. Suranto, “Efektivitas PelayananIzin Usaha Perdagangan Di DInas Penanamana Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surakarta,” Ilmu Adm. Negara, vol. 4, no. 2, p. 2, 2020.
C. Pratiwi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Instansi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2020.
V. Gopalakrishnan and C. Ramaswamy, “Patient Opinion mining to Analyze Drugs Satisfaction Using Supervised Learning,” J. Appl. Res. Technol., vol. 15, no. 1, pp. 311–319, 2017.
M. M. Ramos, R. Bijani, F. V. Santos, W. M. Lupinacci, and A. F. M. Freire, “Analysis of alternative strategies applied to Naïve-Bayes classifier into the recognition of electrofacies: Application in well-log data at Recôncavo Basin, North-East Brazil,” Geoenergy Sci. Eng., vol. 227, no. May 2022, p. 211889, 2023, doi: 10.1016/j.geoen.2023.211889.
K. Aeni and M. F. Asy’ari, “Prediksi Kepuasan Layanan Akademik Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 601–609, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i3.603.
M. J. Sánchez-Franco, A. Navarro-García, and F. J. Rondán-Cataluña, “A naive Bayes strategy for classifying customer satisfaction: A study based on online reviews of hospitality services,” J. Bus. Res., vol. 101, no. December 2018, pp. 499–506, 2019, doi: 10.1016/j.jbusres.2018.12.051.
PERMENPAN, “Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik,” 14, 2017.
R. Annisa, “Klasifikasi Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Klinik Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, 2022.
X. Zhao and Z. Xia, “Secure outsourced NB: Accurate and efficient privacy-preserving Naive Bayes classification,” Comput. Secur., vol. 124, p. 103011, 2023, doi: 10.1016/j.cose.2022.103011.
Hartatik and D. Lestari, “Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik (Studi Kasus : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta),” FAHMA – J. Teknol. dan Ilmu Komput., vol. 17, no. 5, pp. 37–46, 2019.
M. G. Sadewo, A. P. Windarto, and I. S. Damanik, “Algoritma Naïve Bayes Dalam Memprediksi Kepuasan Nasabah,” Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., vol. 1, no. September, p. 318, 2019, doi: 10.30645/senaris.v1i0.37.
M. Vishwakarma and N. Kesswani, “A new two-phase intrusion detection system with Naïve Bayes machine learning for data classification and elliptic envelop method for anomaly detection,” Decis. Anal. J., vol. 7, no. April, p. 100233, 2023, doi: 10.1016/j.dajour.2023.100233.
M. H. Siddik, R. N. Putri, and Y. Desnelita, “Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2 Desember, pp. 162–166, 2020.
H. J. Lee, M. Lee, H. Lee, and R. A. Cruz, “Mining service quality feedback from social media: A computational analytics method,” Gov. Inf. Q., vol. 38, no. 2, 2021, doi: 10.1016/j.giq.2021.101571.
A. R. Damanik, Sumijan, and G. W. Nurcahyo, “Prediksi Tingkat Kepuasan dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. Sistim Inf. dan Teknoloogi, vol. 3, no. 3, pp. 88–94, 2021, doi: 10.37034/jsisfotek.v3i3.137.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v8i2.11301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.