Analisis Wacana Persuasif dalam Iklan di Instagram Sampang Water Park
Abstract
Pulau Madura saat ini disebut sebagai pulau garam karena menjadi pulau penghasil garam terbesar di Indonesia. Namun selain menyimpan kekayaan garam, pulau yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah menawan untuk dijelajahi. Potensi wisata Pulau Madura juga menjadi penopang perekonomian Madura. Tak heran jika pemerintah sangat agresif dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisatanya. Pemerintah dan juga masyarakat yang terlibat dalam industri pariwisata telah menerapkan berbagai iklan, mulai dari media cetak hingga platform online, untuk memperkenalkan pariwisata yang ada. Biasanya iklan berbentuk brosur cetak yang disebar di tempat keramaian. Saat ini banyak destinasi wisata yang menggunakan media sosial sebagai wadah promosi. Media sosial sebagai alat promosi dinilai lebih efektif di era dominasi online ini. Salah satu tempat wisata di Madura yang juga memanfaatkan media sosial untuk promosi adalah Sampang Water Park. Sebuah iklan biasanya mengandung bahasa persuasif untuk meyakinkan dan mengajak pembaca. Selain bersifat persuasif, pemilihan gaya bahasa juga penting untuk menarik perhatian seseorang dan mendorongnya mengikuti maksud penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik dan gaya bahasa persuasif dalam iklan Instagram Sampang Water Park, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan tiga teknik persuasif dan dua gaya bahasa persuasif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiyani. (2019). Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Produk Di Facebook. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4, 65-75.
Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam Wacana Iklan. NUSA, 12, 38-45.
Ayyub. (2018). Penggunaan Wacana Persuasi Dalam Bahasa Iklan Layanan Masyarakat (Kajian Analisis Wacana). Universitas Borneo Tarakan.
Bikawalan , & Savitri. (2022). Teknik Dan Gaya Bahasa Persuasif Pada Iklan Akun Instagram Merek Lokal Minuman Menantea. Bapala, 9, 68-78.
Cahya. (2020). Analisis Wacana Persuasif Dalam Iklan Produk Kecantikan Pada Laman Instagram Wardahbeauty Periode 2018-Maret 2019. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Fitriyani. (2019). Wacana Persuasif Pada Brosur Layanan Bimbingan Belajar di Wilayah Purwokerto Periode 2018-2019. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Ghandi, & Martutik. (2022). Persuasif dalam Iklan Indomie pada Media Sosial Twitter. Journal of Language, Literature, and Arts, 2(5), 676-692. doi:10.17977/um064v2i52022p676-692
Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Librero, F. R. (2012). Writing Your Thesis: A Practical Guide for Students. Philippines: UP Open University.
Lubis. (2017). Kemerdekaan Gaya Bahasa Raditya Dika Dalamstand Up Comedy. Jurnal Education and development STKIP Tapanuli Selatan, 4, 26-32.
Rohana, & Syamsuddin. (2015). Analisis Wacana. Makassar: CV. Samudra Alif-Mim.
Sari, & Samaya. (2021). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Didactique Bahasa Indonesia, 2, 59-68.
Sulistriyani, & Kuntoro. (2020). Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib Sd Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Metafora, 7, 83-99.
Widjanarko , K. I., & Yulianto, A. (2021). Gaya bahasa dan teknik persuasi pada iklan instagram toko kosmetik daring sociolla. Bapala, 8, 31-38.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v10i2.13633
Copyright (c) 2024 Belinda Eka Salsabilla, Sriyono Sriyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial address:
Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by: