Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Harga Diri

Nikmatul Hidayati Solikhatin, Hairani Lubis

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terapi film efektif dalam meningkatkan harga diri pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 31 Samarinda dengan jumlah 60 siswa. Desain penelitian menggunakan non-randomized pretest-posttest control group design dan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai (p) 0,000 pada kelompok eksperimen, p < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, artinya subjek yang diberikan terapi film mengalami peningkatan harga diri. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai (p) 0,029, p < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, artinya subjek yang tidak diberikan terapi film juga mengalami peningkatan harga diri. Kesimpulannya terapi film tidak efektif digunakan dalam peningkatan harga diri.

 

This research is aims to determine cinema therapy is effective to be used in increasing students’ self-esteem. The method used in this research is experiment. The sample of this research is population of students in Junior High School 31 Samarinda with total population of 60 students. The research method is non-randomized pretest-posttest control group design and by using of paired sample t-test. Based on the test, the score that was obtained value (p) 0,000 in the experimental group, p < 0,05 so hypotheses H1 was accepted and H0 was refused which meant the subjects who was given cinema theraphy has increased self-esteem. While the results in the control group value (p) 0,029, p < 0,005 so hypotheses H1 was accepted and H0 was refused which meant the subjects was not given cinema theraphy has also increased self-esteem. The conclusion is cinema therapy is ineffective using to increasing self-esteem.


Keywords


Harga diri; Terapi film

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, U., Sahrani, R., & Patmonodewo, S. 2018. Efektivitas pelatihan keterampilan komunikasi untuk meningkatkan self-esteem siswa slight operation officer lembaga training center X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. 2 (1), 465-474.

Baksin, A. 2003. Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung: Katarsis.

Coopersmith, J. 1967. The Antecedent of Self Esteem. San Fransisco: Freeman and Company.

Coopersmith, S. 2007. The Antencendents of Self-Esteem. Amerika Serikat: Consulting Psychologists Press.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuain Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Guindon, M. H. 2010. Self Esteem Across The Lifespan. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Y. S. 2001. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hadi, S. B., Madina, R., & Usman, I. 2014. Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik cinema therapy terhadap konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2-16.

Handoyo, S. & Putri, H, E, S. 2010. Hubungan antara self esteem terhadap leadership identity pada mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. INSAN. 12(03), 166-175.

Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Latipun. 2015. Psikologi Eksperimen Edisi Ketiga. Malang: UMM Press.

Maslow, A. H. 1975. Motivation and Personality. New York: Harper and Row Publishers.

Ningsih, A. M., Hidayat, D. R., & Setiyowati, E. 2016. Pengaruh penggunaan cinematherapy terhadap peningkatan motivasi belajar siswa (studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). Jurnal Bimbingan Konseling. 5(1), 1-7.

Niva, H. 2016. Penerapan pendekatan cinematherapy untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International School Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. 2(1), 41-48.

Putro, K, Z. 2017. Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17(1), 25-32.

Rhodes, J., Roffman, J., Reddy, R., & Fredriksen, K. 2004. Changes in self esteem during the middle school years: A latent growth curve study of individual and contextual infuences. Journal of School Psychology. 42, 243-261.

Santrock, J. W. 2007. Remaja, Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. 2011. Perkembangan Anak Edisi Ketujuh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sapiana. 2014. Pengaruh bimbingan kelompok teknik cinema therapy terhadap motivasi belajar siswa kelas X Mulitmedia di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontal. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Steinberg, L. 2001. The Gale Encyclopedia of Psychology. Farmington Hills: Gale Group.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sutardi, A. 2018. Efektifitas bimbingan dengan menggunakan teknik cinematherapy untuk meningkatkan motif berprestasi peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 08(01), 67-85.

Tomb, A. D. 2003. Buku Saku Psikiatri Edisi 5. Jakarta, EGC.

Wahdah, N. & Muslimah, A, I. 2013. Hubungan antara attachment dan self esteem dengan need for achievement pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 8 Cakung Jakarta Timur. Jurnal Soul. 6(1), 43-56.

Widodo, A. S. & Pratitis, N.T. 2013. Harga Diri dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Ekonomi Orang Tua. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 2(2), 131-138.

Wilburn, V. R. & Smith, D. E. 2005. Stress, self esteem and suicidal ideation in late adolescents. Journal of Adolescence. 40(157).

Wolz, B. 2005. E-Motion Picture Magic: A Movie Lover’s Guide to Healing and Transformation Centennial. Colorado: Glenbridge.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id