Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z

Riki Khrishananto, Muhammad Ali Adriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan instagram dan konformitas terhadap perilaku konsumtif dikalangan generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 remaja yang berdomisili di Kota Samarinda. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala intensitas penggunaan intagram, skala konformitas, dan skala perilaku konsumtif. Perolehan data dianalisis dengan uji regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh intensitas penggunaan instagram terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien  beta (β) = 0.640, t hitung > t tabel (6.595 > 2.002), p = 0.000 (p < 0.05); (2) ada pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif  dengan koefisien beta (β) = 0.205, t hitung > t tabel (2.113 > 2.002), p = 0.039 (p < 0.05); (3) ada pengaruh intensitas penggunaan instagram dan konformitas terhadap perilaku konsumtif dengan nilai f hitung > f tabel (37.385 > 3.16), p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi intensitas penggunaan instagram dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada remaja adalah sebesar 0.567 (56.7 persen).

Keywords


Intensitas Penggunaan Instagram; Konformitas; Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M.A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan transpersonal sebagai tindakan preventif “domino effect” dari gejala fomo “fear of missing out” pada remaja milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Amaliya, L. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya, dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa (studi kasus pada siswa kelas xi sma negeri 1 semarang). Economic Education Analysis Journal, 6 (3), 656-998.

Atmoko, D.B. (2012). Instagram handbook tips fotografi ponsel. Jakarta: Media Kita.

Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (2010). Self efficacy mechanism in psychological and health promoting behaviour. New Jersy: Prentice Hall.

Baron, R.A., Byrne, D., & Branscombe, N.R. (2008). Social psychology (12th ed.). Boston: Pearson Education.

Chaplin, J.P. (2011). Kamus lengkap psikologi, diterjemahkan: kartini kartono. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

David, W.J., & Frank, P.J. (2003). Joining together: group theory and group skills seventh edition. Boston: Allyn and Bacon.

Fitriyani, N., Widodo, P.B., Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12 (1), 55-68.

Hadi, S. (2004). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Ho, H., Shin W., & Lwin, M.O. (2017). Social networking site use and materialistic values among youth: the safeguarding role of the parent-child relationship and self-regulation. Comunication Research, 1-26.

Judhita, C. (2011). Hubungan penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap perilaku remaja di kota makasar. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 13 (1), 1-23.

Khairunnisa. (2014). Dampak aplikasi instagram terhadap perilaku konsumtif remaja dalam berbelanja online di kalangan siswa - siswi sma negeri 2 tenggarong. E – Journal Ilmu Komunikasi, 2 (4), 220-230.

Kupperschmidt, B. R. (2000). Multigeneration employees: strategies for effective management. Health Care Manager. 19 (1), 65-76.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, & Harlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 2 (2), 1-6.

Lewis, B.K. (2010). Social media and strategic communication: attitudes and perceptions among college students. Public Relation Journal, 4, 1-23.

Maharani, Y.D.L. (2019). Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian skincare korea. Skripsi. Jakarta: Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta.

Mangkunegara. (2002). Perilaku konsumen edisi revisi. Bandung: PT Refika Aditama.

Myers, D.G. (2012). Psikologi sosial jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Purwanto, A., Erwan, Sulistyastuti, D.R. (2007). Metode penelitian kuantitatif, untuk administrasi publik, dan masalah-masalah sosial. Yogyakarta: Gaya Media.

Putri, H.S., & Indrawati, E.S. (2016). Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi di sma semesta semarang. Jurnal Empati, 5 (3), 503-506.

Putro, K.Z. (2017). Memahami ciri dan perkembangan masa remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. 17 (1), 25-32.

Rahma, A.N. (2018). Pengaruh intensitas mengakses instagram terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi SMA muhammadiyah 1 kota magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Rismana, A., Normelani, E., & Adyatma, S. (2016). Pengaruh jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) di kecamatan Banjarmasin barat. Jurnal Pendidikan Geografi, 3 (5), 38-50.

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta.

Widarjono, A. (2015). Analisis multivariate terapan. Yogyakarta: UPP. STIM YKPN.

Zolkepli, I.A., & Kamarulzaman,Y. (2015). Social media adoption: the role of media needs and innovation characteristics. Computers in Human Behavior, 43, 189-209.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License