Kelekatan Orangtua dan Kemandirian Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Universitas Mulawarman

Renny Anggreani, Ayunda Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik ada atau tidaknya pengaruh kelekatan orangtua dan kemandirian terhadap penyesuaian diri mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa perantau tahun pertama di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 100 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri, kelekatan orangtua dan kemandirian. Ketiga skala tersebut disusun dengan skala model Likert dan diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan mengunakan uji statistik SPSS 24.0 For Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antar kelekatan orangtua dan kemandirian terhadap penyesuaian diri yaitu dengan nilai F = 15.871, R2 = 0.247, dan p = 0.000. Kontribusi pengaruh kelekatan orangtua dan kemandirian terhadap penyesuaian diri mahasiswa tersebut sebesar 0.247 (24.7 persen).

Keywords


Kelekatan orangtua; Kemandiran; penyesuaian diri

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2009). Psikologi perkembangan. Jakarta: Aditama.

Anderson, M. E. (2016). First-Year Readjustment to Family Culture: The Roles of Generation Status and Parental Attachment on Re-entry Shock. (Directed by Dr. Deborah J. Taub). The University of North Carolina at Greensboro.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Chandra, P. E. (2004). Trik Bisnis Menuju Sukses. Yogyakarta: Grafika Indah.

Dewi A. A. A., & Valentina, D. T. (2013). Hubungan Kelekatan Orantua Remaja dengan Kemandirian pada Remaja di SMKN 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 1(1), 181-189.

Fashillah, N & Faradina, S. (2016). Hubungan Kelekatan Orangtua dengan Kemandirian Remaja SMA di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 1 (3).

Fitriany, R. (2008). Hubungan Adversity Quotient dengan Penyesuaian Diri Sosial pada Mahasiswa Perantauan di UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Irene, L. (2013). Perbedaan Tingkat Kemandirian dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantauan Suku Batak Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi. 01. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Jong, W. D. (2017). Pendekatan pedagogik & didaktik pada siswa dengan masalah dan gangguan perilaku. Alih bahasa: Julia Maria van Tiel. Jakarta: Prenada.

Kartono, K. (2008). Bimbingan Anak dan Remaja yang Bermasalah. Jakarta: Rajawali Pers.

Kocayoruk, E., & Simsek, O. F. (2016). Parental Attachment and Adolescents' Perception of School Alienation: The Mediation Role of Self Esteem and Adjustment. Journal of Psychology. Department of Psychology Counseling and Guidance of Onsekiz Mart University & Arel University. 150 (4), 405-421.

Lestari S.S. (2016). Hubungan Keterbukaan Diri dengan Penyesuaian Diri terhadap Mahasiswa Baru di Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling. (5). 3.

Mitasari, Z. & Istikomayanti, Y. (2017). Studi Pola Penyesuaian Diri Mahasiswa Luar Lawa di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Skripi. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Olani. A. (2009). Predicting First Year University Student Academic Succes. Electronical Journal of Research in Educational Psychology. 7 (3), 1053- 1072.

Papalia, D. E., & Fieldman, R. D. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Patriana, P. (2007). Hubungan Antara Kemandirian Dengan Motivasi Bekerja Sebagai Pengajar Lest Privat Pada Mahasiswa Di Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Reksoatmodjo, T. N. (2009). Statistika untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Rini, A. R.P. (2012). Kemandirian Remaja Berdasarkan Urutan Kelahiran. Jurnal Pelopor Pendidikan. 3, (1).

Santoso, S. (2015). SPSS 20 Pengolahan Data Satistik di Era Informasi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Shafira, F. (2015). Hubungan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri terhadap Mahasiswa Perantau. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarto & Hartono, B. A. (2008). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Singh, S. (2015). Attachment to Parents During Adolescence and Its Impact on their Psychological and Social Adjustment. The International Journal of Indian Psychology. 02 (2), Issue 4.

Steinberg. J. R. (2002). Adolescence: sixth edition. USA: McGraw Hill Higher Education. Journal.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita selekta pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Upton, P. 2012. Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Widyaastuti, A.D. (2013). Hubungan Kelekatan Terhadap Orangtua dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Perantau. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Widiastono. (2001). Hubungan antara Pola Asuh Demokrasi dengan Kemandirian Pada Remaja. Skripsi. Universitas Setia Budi Surakarta.

Wijaya, N. (2007). Hubungan antara Keyakinan Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama Sekolah Asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id