Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Perkawinan Pada Dewasa Awal

Rizky Fitriyani

Abstract


Masa dewasa awal merupakan masa bermasalah karena pada masa dewasa awal banyak masalah yang ditimbulkan oleh penyesuaian diri terhadap hal-hal yang berkaitan dengan persiapan menikah. Pihak wanita lebih sering menyesuaikan kebiasaan dari pasangannya khususnya pada awal perkawinan. Wanita yang menikah dengan pasangannya, biasanya akan mengalami kesulitan dalam penyesuaian terhadap segala tingkah laku pasangannya di awal tahun perkawinan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian perkawinan pada dewasa awal di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 55 perempuan dewasa awal yang sudah menikah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala penyesuaian perkawinan dan kematangan emosi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPPS) 20.0 For Windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) ada terdapat korelasi yang sangat tinggi dan signifikan antara vareiabel penyesuaian perkawinan dengan variabel kematangan emosi dengan r hitung = 0.978 > nilai r tabel 0.266 dan nilai p = 0.000 (p < 0.050), ada hubungan yang positif dan signifikan antara kematangan emosi dengan penyesuaian perkawinan. Sehingga dapat disimpulkan Semakin baik kematanganemosi yang dimiliki maka semakin baik pula penyesuaian perkawinan yang dimiliki. 

Keywords


Kematangan emosi; penyesuaian perkawinan

Full Text:

PDF

References


Anjani, C., & Suryanto. (2006). Pola penyesuaian perkawinan pada periode awal. INSAN.8 (3): 198-210.

Atwater, E., & Duffy, K. G. (2009). Psychology for living adjusment, growth and behavior today (6th ed). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Chaplin, P. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Duvall, E. M & Miller, B. C. (2000). Marriage and family development. New York: Harper & Row Publishers.

Hadi, Sutrisno. (2000). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Hassan, Rieny. (2005). Usia lima tahun perkawinan rawan? Diakses dari Republika.co.id

Hurlock, E.B. (2000). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th Ed). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E.B. (2004). Psikologi perkembangan: suatu perkembangan sepanjang rentang kehidupan (Edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Jaisri, M. & Joseph, M. I. (2013). Marital adjustment and emotional maturity among dual-carcer couples. Guru Journal of Behavioral and Social Sciences. 1(2) : 71-84.

Johnson, M. P., Caughlin, J. P., & Huston, T. L. (1999). The Tripatite of Marital Commitment: Personal, Moral, and Structural Reasons to Stay Married. Journal of Marriage and The Family. 61, 160-177.

Purwanto. (2010). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja (Edisi Ke-6). Jakarta: PenerbitErlangga.

Sari & Nurwidawati. (2013). Studi kasus kehidupan pernikahan mahasiswa yang menikah saat menempuh masa kuliah. Jurnal Studi Psikologi, 02 (02).

Shella, L. W. C. (2016). Pengaruh kematangan emosi terhadap penyesuaian perkawinan pada pasangan usia dini. (Skripis tidak diterbitkan). Univeristas Muhammadiyah Malang, Malang.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2009). Metodologi penelitian dalam pendidikan dengan program SPSS. Semarang: CV. Ghiyyas Putra.

Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: C.V Andi Offest.

Widyarini, N (2009). Seri psikologi populer: kunci pengembangan diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License