Hubungan Peran Selebriti Instagram dengan Pembelian Impulsif Produk Fashion Pada Mahasiswa di Kota Samarinda

Nahda Kamila Aluwan, Dian Dwi Nur Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran selebriti instagram dengan pembelian impulsif produk fashion (studi pada mahasiswa di Kota Samarinda). Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa di Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pembelian impulsif dan peran selebriti instagram. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisisi korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara peran selebriti instagram dengan pembelian impulsif yang dengan nlai r hitung = 0.671 lebih besar dari nilai r tabel = 0.165 dan nilai p = 0.000 (p < 0.050).

Keywords


Pembelian Impulsive; Selebriti Instagram

Full Text:

PDF

References


Aprilia, R., Yanladila, Y.P., & Yolivia, I.A. (2018). Kontribusi pada iklan celebrity endorser terhadap impulsif buying behavior remaja. Jurnal Psikologi. 2018 (04).

Azizah, M.E., & Musthofa, H. (2015). Pengaruh lifestyle dan selebgram (selebriti endorser instagram) terhadap minat pembelian pada media sosial instagram. Jurnal Aplikasi Bisnis. Hal.13-18.

Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pelajar Offset.

Darmasyah., Muhartini, S., & Syamsul. B. (2014). Pengaruh celebriti endorser terhadap keputusan pembelian di Indonesia (penelitian online). Jurnal Aplikasi Manajemen. 12(2), 230-238. ISSN: 1693-5241.

Dewa, C.B. (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian wisatawan Yogyakarta pada produk oleh-oleh jogja. Jurnal Manajemen. 8(1), 1-9.

Fredik, T.F., & Sulih, I. (2018). Analisis pengaruh promosi melaui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 7 (2), 84-88.

Hartini, S. (2016). Efektifitas endorsment pada media sosial instagram pada produk skin care, 3(1). Hal 43-50.

Indika, D.R., dan Cindy, J. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan. 01(1), 25-32.

IPSOS dan Instagram (2018). Instagram ungkap perilaku pembeli online shop. di Indonesia. Diakses dari https://www.suara.com/tekno/2019/07/19/191500/instagram-ungkap-perilaku-pembeli-online-shop-di-indonesia.

Irpansyah, M.A., Asep, M.R & Deni, M.D., (2019). Kredibilitas dan kekuatan selebgram dalam meningkatkan minat beli pada toko online di instagram. Jurnal of economic. 2(2). 248-255.

Ishak, A. (2008). Pengaruh penggunaan selebriti dalam iklan terhadap minat beli konsumen. Jurnal Siasar Bisnis. 12(2). 71-88.

King, K.N.V., Eristia, L.P. (2016). Foodgram endorsment and buying interest ini café restaurant. JurnalMK. 18(2), 100-110. DOI: 10.9744/jmk.18.2.100–110.

Japarianto, E., & Sugiono, S. (2011). Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6 (1), 32-41.

Jatmiko, M.R. (2013). Pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntasi Terapan (JIMAT). 4 (1)49-57.

Kurniawan, J.F., & Yohanes, S. (2014). Analisis Visability, credibility, attraction dan power celebrity endorsment terhdap brand image bedak marcks venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Perta. 2(1).

Kukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal ekonomi dan kewirausahaan. 13(2), 116-129.

Mangole, A. (2019). Pengaruh celebrity endorser online shop instagram terhadap minat beli produk fashion muslim dalam sudut pandang syariah marketing. Jurnal Studi Islam. 11 (1), 25-48.

Miranda, Y.C. (2016). Kajian terhadap faktor yang mempengaruhi impulsif buying dalam online shoping. Jurnal Kompetensi. 10 (1). 64-78.

Pakpahan, E.S.B. (2017). Pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen You-c 1000 vitamin CDI kota Pekanbaru. Jurnal Jom Fekon. 4(1), 721-734.

Poluan, J.G., Reitty, L. (2017). Analisis faktor pembedaan keputusan membeli pakaian di freshmart bahu Manado. Jurnal EMBA. 5 (3). 3804-3814.

Pranoto,W., & Iranita, H.V. (2010). Perilaku konsumen remaja menggunakan produk fashion bermerek ditinjau dari kepercayaam diri. Jurnal Psikologi Universitas Mulia Kudus. 01(1), 9-14.

Putra, F.K. (2018). Pengaruh shoping lifestyle usia gender terhadap impulsif buying produk fashion. Jurnal FEB UMM. 02(1).

Putra, M., & Wayan, S. (2018). Pengaruh gender daya tarik promosi kepemilikan kartu kredit terhadap perilaku pembelian impulsif online produk lifestyle. E-jurnal Manajemen Unud. 7 (10). 5570 – 5598. ISSN: 23028912.

Putri, G.Y., & Bhina, P. (2018). Pengaruh endorsment selebriti instagram terhadap minat beli remaja putri. Jurnal of professional psychology. 4 (1), 33-41. ISSN: 2407-7801.

Rahima, P. (2018). Pengaruh celebrity endorser di media sosial instagram dalam promosi produk hijab terhadap minat beli konsumen (studi kasus pada akun instagram @wariameazzahra). Manajemen, Akuntasi dan Perbankkan.50-60.

Santock, W. J. (2008). Live-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Septila, R., & Eka, D.A. (2017). Impulsive buying pada mahasiswa Banda Aceh. Jurnal Psikoislamedia, 2 (2), 170-183. ISSN: 225 4044

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiowati, H., & Prasetyo, W (2015). Stres dan kecenderugan pembelian impulsif pada mahasiswa universitas diponogoro. Jurnal Empati. 4 (4), 32-36.

Wicaksono, A.H., Achmad, F., & Sunarti. (2017). Pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap pembelian impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 46(2), 46-53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License