Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik

Gayatri Adhicipta Pertiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik, stres akademik, dan manajemen waktu. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh dan signifikan stres akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang melakukan prokrastinasi akademik dengan nilai f hitung > f tabel (52.153 > 2.70) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi pengaruh (R2) stress akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang melakukan prokrastinasi akademik adalah sebesar 0.518; (2) ada pengaruh positif antara stres akademik terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang melakukan prokrastinasi akademik dengan koefisien beta (β) = 0.281, serta nilai t hitung > t tabel (3.738 > 1.984) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05); (3) ada pengaruh negatif antara  manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang melakukan prokrastinasi akademik dengan koefisien beta (β) = -0.571, serta t hitung > t tabel (-7.588 > 1.984) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05).

Keywords


Prokrastinasi akademik, Stres akademik, Manajemen waktu

Full Text:

PDF

References


Alvin, N. O. 2007. Handlimg study stress: panduan agar anda bisa belajar bersama anak-anak anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Anggawijaya, S.2013. Hubungan antara depresi dan prokrastinasi akademik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surbaya. 2 (2): 1-12.

Arif, H., Noor, S. S. 2014. Academic procrastination among male and female university and college students. FWU Journal of Social Sciences. 8 (2): 65-70.

Carveth, J. A. 1996. Survival strategies for nurse midwifery students. Journal of Nurse Widwifery. (41): 50-58.

Fauziah, Hana Hanifah. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psymphatic, Jurnal Ilmiah Psikologi. 2 (2): 123-132.

Goff, A. M. 2011. Stressors, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International journal of nursing education scholarship. 8(1): 923-1548.

Gusniarti, U. (2002). Hubungan antara persepsi siswa terhadap tuntutan dan harapan sekolah dengan derajat stres siswa Sekolah Plus. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 7 (13): 53-68.

Hayyinah. 2004. Religiusitas dan prokrastinasi akademik mahasiswa. Psikologika. 17 (9): 31-41.

James, C., Horne, V., & John, M. V. 2005. Prinsip-prinsip manajemen keuangan edisi kedua belas. Jakarta: Salemba Empat.

Kartadinata, I & Tjundjing, S. 2008. Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu. Indonesian Psychological Journal. 23 (2): 109-119.

Macan, T. H. 1994. Time Management: Test of proses model. Jurnal of Applient Psychology. 79 (30): 381-391.

Milgram, N. N., Mey-Tal, G., & Levison, Y. 1998. Procrastination, generalized or specific, in college students and their parents. Personality and Individual Differences. 25 (2): 297-316.

Purnama, S & Muis, T. 2014. Prokrastinasi akademik (penundaan akademik) mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surbaya. Jurnal BK UNESA. 5 (11): 682-692.

Rumani. 2006. Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stres mahasiswa Prodi Pskologi Universitas Islam Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 2 (3): 37-48.

Sagita, Daharnis & Syahniar. 2017. Hubugan self efficacy, motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik dan stres akademik mahasiswa. Jurnal Bikotetik. 1 (2): 43-52.

Santoso, S. 2015. Menguasai statistik multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Kompitundo.

Shah. 2010. Perceived stress sources and severity of stress among merdical undergraduates in a Pakistani Medical School. BMC Medical Educatinal.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sun, J., Dunne, M. P., & Hou, X. 2011. Educational stress scale for adolescents: development, validity and reliability with chinese students. Journal of Psychoeducational Assesment. 29 (6): 534-546.

Triana, K. 2013. Hubungan antara orientasi masa depan dengan prokrastinasi dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Ejournal Psikologi. 1 (3): 280-291.

Wolters, C. A. 2003. Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of educational psychology. 95(1): 179.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id