Pengaruh Kematangan Emosi dan Kedisiplinan Terhadap Perilaku Menyontek

Miftahul Azkia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dan kesidiplinan dengan perilaku menyontek pada siswa SMA Kecamatan Sungai Pinang Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku menyontek, skala kematangan emosi, dan skala kedisiplinan dengan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi dengan bantuanprogram Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kematangan emosi dan kesidiplinan dengan perilaku menyontek pada siswa SMA Kecamatan Sungai Pinang Samarinda dengan nilai F hitung = 30.905 (F hitung > F tabel = 3.16), R2 = 0.525, dan p = 0.000 (p < 0.005). Sebagai tambahan, dari hasil analisis regresi model sederhana diketahui bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kematangan emosi dan perilaku menyontek dengan nilai beta = – 0.515; t hitung = – 4.649 (t hitung > t tabel = 2.003), dan p = 0,000 (p > 0,05). Kemudian, hasil uji regresi sederhana pada kedisiplinan dan perilaku menyontek memperlihatkan bahwa adanya hubungan yang negatif dan signifikan dengan beta = – 0.299; t hitung = – 2.700 (t hitung > t tabel = 2.003), dan p = 0.009 (p < 0,05).

Keywords


Perilaku Menyontek, Kematangan Emosi, Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Anniez Rachmawati Musslifah. (2012). Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau Dari Kecenderungan Locus of Control. Talenta Psikologi.

Cantika & Endah. (2018). Pengaruh Kontrol Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Menyontek di SMA “X” Di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. http://url.unair.ac.id/5e974d38 diakses tanggal 18 Juni 2020.

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Endah Puspitasari & Sartini Nuryoto. (2002). Penerimaan Diri pada Lanjut Usia Ditinjau dari Kematnagan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Gajah Mada, 29(2).

(online) http://psikologi.ugm.ac.id/ (diakses 30 Maret 2017).

Gusti, A. Y., & Margaretha P. M. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati

dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol. 9 No. 3 Desember, hal. 56-78

Halida & Rizka (Litbang Media Group). (2007). Mayoritas Siswa-Mahasiswa Menyontek. http://www.sampoernafoundation.org/content/view/699/8/lang,id/ (diakses20 September 2017).

Hartanto, D. (2012). Bimbingan dan Konseling Menyontek. Jakarta: Indeks Jakarta.

Hartosujono dan Sari, N. K. (2015). Perilaku Menyontek Pada Remaja. Jurnal Psikologi 11(1), 12-19.

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang RentangKehidupan. Alih Bahasa: Soedjarwo dan Iswidayanti. Jakarta: Erlangga.

Irawati, I. (2008). Budaya Menyontek di Kalangan Pelajar. Vol 30 Juni 2008. www.kabarindonesia.com. Diakses pada 1 September 2018.

Kurnia, Anwar. (2010). Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Yudistira

Petrus, G.P.R & Arif, M. (2015). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Pengelasan. E-jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 3, 4.

Prijodarminto, Soegeng. (1994). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Abadi.

Reksoatmodjo, T. N. (2009). Statistika Untuk Penelitian Dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Santoso, S. (2015). Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 24. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sartre, J. P. (2002). Pengantar Teori Emosi. (L. Ashari, Penerj). Yogyakarta: Penerbit Jendela.

Subiyanto. (1988). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susilaningsih, A. (2006). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Procedural fluency Siswa (PTKPembelajaran Matematika di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi. http://one.Indoskripsi.com. diunduh tanggal 20 September 2017.

Yahya, K. (1992). Hubungan antar Religiusitas Kemaknaan Hidup Pada Mahasiswa Beragama Islam Fakultas Isipol Universitas Gajah Mada. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id