Pengaruh Antara Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Siswa
Nurhaini Nurhaini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala Keterlibatan Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Kedisiplinan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan keterlibatan orang tua dengan koefisien beta disiplin (β) = 0,225, dan nilai t hitung> t tabel (2,105> 1,987) dan nilai p = 0,043 (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan dengan koefisien beta (β) = -0,238, dan nilai t hitung t tabel (2,311> 1,987) dan p = 0,023 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa dengan nilai F hitung> F tabel (3,721> 1,62) dan nilai p = 0,028 (p <0,05). Sumbangan variabel (R2) = 0,496 keterlibatan dan motivasi belajar orang tua tentang kedisiplinan siswa SMP Negeri 11 Samarinda adalah 49,6%.
Keywords
kedisiplinan, keterlibatan orang tua, motivasi belajar
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri, S. (2009). Tanggung Jawab, Disiplin, Jujur itu Keren (Pendidikan Anti Korupsi Kelas 1 SMP/MTS). Jakarta: KPK Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.
Bahri, S. (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Semasos. Yogyakarta: Deepublish
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 2 (1): 30-49
Morrison, G. S. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini Edisi 13. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puspitasari, D. B. (2012). Hubungan antara Perencanaan Karir dengan Motivasi Belajar pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bancak. Jurnal pendidikan. 5 (2): 65-78.
Rifayanti, R., Aulia, M. R., Sapari, I., & Misriyanti, M. (2018). Amazing Skill: Untuk Menurunkan Prokrastinasi Mahasiswa IPK di Atas 3.00. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(1), 11-21.
Rusyan, T. (2014). Profesionalisme Kepala Sekolah. Edisi kedua. Jakarta: PT Dinamia Pendidikan.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Uno, H, B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Department of Psychology Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id