Metode Bercerita dengan Menggunakan Tokoh Fauna Borneo Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyani, L. N. (2010). Metode dongeng dalam meningkatkan perkembangan kecerdasan moral anak usia prasekolah. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 24-32.
Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.
Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 140-149.
Ariyanti, N. S., Hassanah, R. G. U., & Ash-Sadi, M. A. (2018). Psychotelling: tokoh fauna endemik borneo sebagai inovasi pengembangan keterampilan sosial anak prasekolah. Makalah dipresentasikan pada pertemuan Kongres HIMPSI, Bandung.
Barida, M., & Prasetiawan, H. (2018). Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. Jurnal Fokus Konseling, 4(1).
Anggrayeni, N. K., Suarni, N. K., Ambara, D. P., & Psi, S. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Handayu, T. (2001). Memaknai cerita mengasah jiwa. Solo: Era Intermedia.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: erlangga.
Jailani, M. S. (2012). Pendidikan Anak Pra-Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Media Akademika, 27(1).
Marliawita, D. (2015). Hubungan Penerapan Metode Bercerita Dengan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).
Mustofa, B. (2015). Melejitkan kecerdasan anak melalui dongeng. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Notosrijoedono, R. A. (2016). Menanamkan kecerdasan moral sejak anak usia dini pada keluarga muslim. Jurnal Tarbiyah, 22(1).
Putri, H. (2018). Penggunaan metode cerita untuk mengembangkan nilai moral anak TK/SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87-95.
Raihana, P. A., & Wulandari, W. (2017). Status Ibu dan Pengaruhnya dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).
Rifa, M. A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan moral siswa di sekolah berbasis islamic boarding school.
Sjarkawi. (2011). Pembentukan kepribadian anak: peran moral intelektual, emosional, dan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.
Tirta, A. T., & Jatiningsih, O. (2013). Peran Ibu Rumah Tangga Lower Class Dalam Membangun Kecerdasan Moral Anak Melalui Pendidikan Keluarga Di Kelurahan Pucanglaban Tulungagung. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 336-351.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id