Komitmen dan Kepuasan Pernikahan Pada Pasutri Dengan Rentang Usia Jauh

Suryawati Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komitmen dan kepuasan pernikahan pada pasangan suami istri yang memiliki perbedaan usia. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah 3 pasangan suami istri yang memiliki perbedaan usia lebih dari 5 tahun dan telah menikah lebih dari 6 tahun, wawancara dan observasi dilakukan antara bulan Desember 2017 sampai dengan Januari 2018. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode Intrinsic. Metode Studi Kasus. Aspek yang dibahas dalam penelitian ini adalah komitmen perkawinan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen dan kepuasan perkawinan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya oleh Zakiah (2012) “Hubungan Komitmen Cinta yang Bergaul dengan Kesiapan Nikah pada Dewasa Dini”, yang mengakibatkan semakin tinggi skor komitmen partisipan (r = 0,463 (p <0,01)) membuat kesiapan menikah. skor menjadi lebih tinggi juga. Hasil penelitian ini adalah pencapaian kepuasan perkawinan subjek berdasarkan komitmen yang dibangun subjek dengan pasangannya.

Keywords


Kepuasan, Komitmen, Pernikahan, Pasangan Menikah, Perbedaan usia yang lebar

Full Text:

PDF

References


Ayub, N. (2010). Development of Marital Satisfaction Scale. Pakistan Journal of Clinical Psychology, University of Karachi, 9.19-34.

Chandrasari, R. E. (2009). Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Seksual dengan Kepuasan Pernikahan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, R. (2015). Perbedaan Kepuasan Pernikahan pada Suami yang Tinggal Mandiri dengan yang Tinggal dengan Mertua. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Pratiwi, H. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Kepuasan Perkawinan pada Istri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 5. No. 1, 1-11.

Rini, Q. K., & Retnaningsih. (2008). Keterbukaan Diri dan Kepuasan Perkawinan pada Pria Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Vol. 1. No. 2, 152-157.

Salam, A. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Program Pasca Sarjana UNM, Makassar.

Serli, M. (2016). Komitmen dan Kepuasan Pernikahan pada Istri yang Bekerja. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sumpani, D. (2008). Kepuasan Pernikahan Ditinjau dari Kematangan Pribadi & Kualitas Komunikasi. Skripsi Thesis, Univerisstas Muhammadiyah Surakarta.

Zakiah, A. (2012). Hubungan antara Komponen Komitmen dari Cinta dengan Kesiapan Menikah pada Dewasa Muda. Skripsi. Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id