Hubungan Perilaku Asertif dan Kesepian dengan Kecemasan Sosial Korban Bullying Pada Siswa

Juniar Misnani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku asertif dan kesepian dengan kecemasan sosial korban bullying di smp negeri 27 samarinda. penelitian terdiri dari tiga variabel, yaitu variabel dependen kecemasan sosial dan variabel bebas perilaku asertif dan kesepian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan sosial, skala perilaku asertif dan skala kesepian perilaku seksual pranikah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 27 Samarinda sebanyak 87 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menggunakan model analisis regresi yang secara bertahap menunjukkan hubungan antara perilaku asertif dan kesepian dengan kecemasan sosial korban bullying di smp negeri 27 samarinda dengan nilai F> F tabel (70,371> 1,649), R2 = 0,626 dan p < 0,050 (0,000). Sementara itu, hasil uji model analisis regresi secara bertahap menunjukkan korelasi negatif antara perilaku asertif pada kecemasan sosial dengan nilai Beta = -0,327, t hitung = -4,266, t tabel = 1,987 dan p = 0,000> 0,050. Kemudian dalam kesepian terhadap kecemasan sosial menunjukkan hubungan positif dengan nilai Beta = 0,576, t hitung = 7,508, t tabel = 1,987 dan p = 0,000 <0,050.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif Dan Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Jurnal Psikostudia, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Ahmad, Z. R., Bano, N., Ahmad, R., & Khanam, S. J. (2013). Social anxiety in adolescents: Does self-esteem matter. Asian Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 91-98.

Alberti, R., & Emmons, M. (2008). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. new harbinger publications.

Durand, V. M., & Barlow, D. H. (2012). Essentials of abnormal psychology. Cengage Learning.

Dykstra, P. A., Van Tilburg, T. G., & Gierveld, J. D. J. (2005). Changes in older adult loneliness: Results from a seven-year longitudinal study. Research on aging, 27(6), 725-747.

Fischer, J., & Corcoran, K. J. (2007). Measures for clinical practice and research: Couples, families, and children. Oxford University Press.

Gürsoy, F., & Bıçakçı, M. Y. (2006). A study on the loneliness level of adolescents. Journal of Qafqaz, 18, 140-146.

Hapsari, R. M., & Retnaningsih, R. (2011). Perilaku asertif dan harga diri pada karyawan. Jurnal psikologi, 1(1)., 1-6.

Hasanah, A. M. A., Suharso, S., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Asertivitas Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1).

Hofmann, S. G., & DiBartolo, P. M. (Eds.). (2014). Social anxiety: Clinical, developmental, and social perspectives. Elsevier.

Kearney, C. (2006). Social anxiety and social phobia in youth: Characteristics, assessment, and psychological treatment. Springer Science & Business Media.

Losey, B. (2011). Bullying, Suicide, And Homicide: Understanding, Assessing, And Preventing Threats to Self and Others for Victims Bullying. New York: Taylor And Francis Group, LLC.

Miasari, A. (2013). Hubungan antara komunikasi positif dalam keluarga dengan asertivitas pada siswa SMP Negeri 2 Depok Yogyakarta. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 32-46.

Miller, R. S., Perlman, D., & Brehm, S. S. (2007). Intimate Relationships. 4th Ed.

Olivares, J., Sánchez-García, R., & López-Pina, J. A. (2009). The Liebowitz social anxiety scale for children and adolescents. Psicothema, 21(3), 486-491.

Priyatna, A. (2010). Let’s End Bullying. Elex Media Komputindo.

Graham, R. S., & Rees, S. (2003). Assertion training: How to be who you really are. Routledge. New York: A Tavistock/Routledge Publication.

Rigby, K. (2007). Bullying in schools: and what to do about it. Australia: Acer Press.

Rizki, K., Sukarti, S., & Uyun, Q. (2016). Pelatihan Asertivitas Terhadap Penurunan Kecemasan Sosial Pada Siswa Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 200-214.

Strongman, K. T. (2003). The psychology of emotion: From everyday life to theory. Wiley Blackwell. England: John Wiley & Sons Ltd.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sullivan, K., Cleary, M., & Sullivan, G. (2003). Bullying in secondary schools: What it looks like and how to manage it. Sage. California: Corwin Press.

Swasti, I. K., & Martani, W. (2013). Menurunkan Kecemasan Sosial melalui Pemaknaan Kisah Hidup. Jurnal Psikologi, 40(1), 39-58.

Townend, A. (2007). Assertiveness and diversity. Springer. New York: Palgrave Macmillan.

Weiten, W. & Llyod, M. (2006). Psychology to Modern Life: Adjustment in the 21st Century. 8 th Ed. Canada: Thomson Learning, Inc.

Yasdiananda, E. W. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 Merangin. Jurnal Psikologi, 1(1), 102-111.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id