Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tidak Bekerja

Aprilina Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk memahami Hubungan antara kesesuaian dan prokrastinasi dalam menyelesaikan tesis oleh mahasiswa tahun terakhir yang tidak bekerja di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel terikatnya adalah penundaan dalam menyelesaikan skripsi dan variabel bebasnya adalah kesesuaian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Ada 294 sampel yang dikumpulkan untuk studi ini dari seorang mahasiswa pascasarjana yang tidak bekerja di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Mulawarman Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji nonparametrik tau Kendall. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada korelasi dan tidak signifikan dengan nilai Koefisien Korelasi = 0158, p = 0.000. Namun dalam penelitian ini sebagai penyebab utama konformitas adalah tidak terjadi penundaan dalam menyelesaikan skripsi pada siswa. Tetapi kesesuaian hanya sebagai salah satu penyebab penundaan dalam menyelesaikan skripsi, karena ada banyak faktor lain seperti kurangnya motivasi yang rendah, waktu manajemen lemah, kontrol diri rendah, pengaturan diri, kurangnya dukungan dari orang tua, sosial kecemasan, locus of control yang dapat menyebabkan penundaan pada mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Ackerman, D.S. & Gross, B.L. 2005. “My instructor made me do it: task characteristic of procrastination”. Journal of Marketing Education. Vol.27, No. 1, 5-13.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Bruno, F.J. & Yuen, L.M. 2000. Procrastination: Why You Do It, What to Do About It. New York: Perseus Book

Chaplin, J. P. 2002. Kamus Lengkap Psikologi (penerjemah: Kartini, K). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daron, A & Hasan, A. 2002. Menyelesaikan Skripsi Dalam Satu Semester. Jakarta: Grasindo.

Ferrari, J.R., 2001. Procrastination as Self-Regulation Failure of Performance: Effect of Cognitive Load, Self-Awareness, and Time Limits on Working Best Under Pressure European Journal of Personality Vol. 15, Issue 5 pages 391-406

Ferrari, J.R. 2010. Still Procrastinating: The No Regrets Guide to Getting It Done. New York: Turner Publishing Company.

Ghufron, M. N, dan Risnawita.R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-russ Media.

Hadi, S. 2004. Statistik Jilid 2. Edisi kelima belas. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, S. 2001. Metodologi Riset: Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

Hurlock, E. B. 2002. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan: Istiwidaryanti & Soedarjo). Jakarta: Erlangga.

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., Haditono, S. R. 2002. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Moesono, A. 2001. “Decision Making” Memilih Studi Psikologi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial. Jakarta: Fakultas psikologi Universitas Indonesia. Vol. 7, no. 9. 79-87.

Nindyati, A. D & Indria, K 2007. Kajian Konformitas dan Kreativitas Affective Remaja. Jurnal Proviate. Vol.3, No.1, halaman 85-107.

Prabowo, A. Y. 2009. Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Ditinjau Dari Konformitas Skripsi Semarang: Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Sears, D. O. 2004. Psikologi Sosial, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Resort & Development. Bandung: Alfabeta.

Solomon, L.J & Rothblum, E.D. 2005. “Academic Procrastination: Frequency and Congnitive-Behavioral Correlates”. Journal of Counseling Psychology. Vol.31, halaman 504-510.

Tuckman, B. W. 2002. “The development and concurrent validity of the Procrastination Scale”. Educational and Psychological Measurement, 51, 2000, 473-480.

Widharyanto, B. 2001. Kecendrungan penulisan skripsi di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Sanata Dharma dan Proses Pengembangannya. Yogyakarta: Widya Dharma.

Zebua, A.S., Nurdjayadi, R.D. 2001. Hubungan Antara Konformitas dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan: Phronesis. Vol 3 No. 6. 72-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id