Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Strategi Coping dengan Stres Pada Mahasiswa

Sri Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dan strategi coping dengan stres pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 68 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala DASS, skala komunikasi interpersonal, dan skala strategi coping dengan model skala Likert. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan simple random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi model bertahap dan model penuh dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan ada hubungan antara komunikasi interpersonal dengan stres pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi, nilai yang diperoleh adalah Thitung > Ttabel (Thitung = -6,221) dengan p < 0.05 (p = 0,000). Hasil analisis kedua menunjukkan tidak ada hubungan antara strategi coping dengan stres pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi, nilai yang diperoleh adalah Thitung < Ttabel (Thitung = - 0,213) dengan p > 0.05 (p = 0,832). Hasil analisis ketiga menunjukkan ada hubungan antara komunikasi interpersonal dan strategi coping dengan stres pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi, nilai yang diperoleh adalah Fhitung > Ftabel (Fhitung = 19,357) dengan Adjusted R Square = 0,373 dan p < 0.05 (p = 0,000.

Full Text:

PDF

References


Achroza, F.H. 2013. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dosen pembimbing Mahasiswa dan Problem Focused Coping degan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa FKIP Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus. Skripsi. Kudus. Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Agoes, A., Kusnadi, Chandar. 2003. Teori dan Manajemen Stres: Kontemporer dan Islam. Malang: Taroda.

Darmadi dan Hamid. 2007. Dasar Konsesp Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Darmono dan Ani, M.H. 2004. Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Semester. Malang: Grasindo.

Djuharie dan Suheril. 2001. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.

Gunawati, R., Hartati, S., Listiara, A. 2006. Hubungan Antara Efektifitas Komunikasi Mahasiswa Dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran UNDIP. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3 No. 2.hal 93-115.

Heiman dan Karriv. 2005. Task Oriented versus Emotion-Oriented CopingStrategies: The Case of College Students. College Student Journal, 39: 72-89.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rathus, S.A., dan Nevid, J.S. 2002. Psikologi Abnormal. Edisi kelima, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Riewanto, A. 2003. Skripsi Barometer Intelektualitas Mahasiswa. Jakarta: Suara Merdeka.

Sarafino, E.P. 2006. Health Psychology: Bio Psychosocial Interactions. Fifth edition. USA: Jhon Wiley & Sons.

Santrock, J.W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja Jakarta: Erlangga. Pieter, H.Z. 2012. Pengantar Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan. Suatu Kajian Psikologi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utomo. 2008. Hubungan Antara Model-Model Coping Stres dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Wyllistik, S., 2010. Dasar-dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medica.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License