Hubungan Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi

Irma Alfina

Abstract


Penundaan harus diwaspadai, terutama bagi siswa dengan potensi yang unggul sebagai peserta yang dipercepat, karena siswa yang berpotensi secara intelektual atau akademis diharapkan untuk kegiatan akademik yang maksimal. Setiap siswa secara khusus yang berstatus siswa yang dipercepat harus memiliki peraturan diri yang baik untuk hidupnya dan dapat mengendalikan pikiran, perasaan, dan bertanggung jawab atas hidupnya untuk mencapai tujuan yang ditargetkan tanpa merinci tugas yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris hubungan antara belajar pengaturan diri dan prokrastinasi akademik pada siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Samarinda. Berdasarkan hasil pengujian pada variabel self-regulation learning dan prokrastinasi akademik telah dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment pearson menunjukkan bahwa besarnya hubungan antara self-learning learning dan prokrastinasi akademik adalah p = 0,000. Itu berarti H1 ada hubungan antara prokrastinasi akademik dan pembelajaran regulasi diri pada siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Samarinda terbukti karena nilainya p> 0,05.

Full Text:

PDF

References


Ariely, D., & Wertenbroch, K. (2002). Procrastination, deadlines, and performance: Self-control by precommitment. Psychological science, 13 (3), 219-224.

Azwar, S. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Cobb, R.J., 2003. The relationship between self-regulated learning behaviors and academic performance in web based course. Dissertation, Virginia: Blacksburg.

Corebima, A. D. (2007). Metakognisi: suatu ringkasan kajian. Makalah Disajikan dalam Diklat Guru Mata Pelajaran Biologi di Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Penatalaksanaan psikologi program akselerasi. Jakarta: Depdiknas.

Hadi, S. (2000). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (terjemahan Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga.

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (1), 145-155.

Ferrari, J. R., & Tice, D. M. (2000). Procrastination as a self-handicap for men and women: A task avoidance strategy in a laboratory setting. Journal of Research in personality, 34 (1), 73-83.

Filho, M. K. C (2001). A review on theories of self-regulation of learning. Bull. Grad. Shool Educ. Hiroshima Univ, Part III.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hawadi, R. A. (2004). Akselerasi A-Z Info Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Gramedia Widya Sarana Ind.

Husetia, Y. (2010). Hubungan asertivitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang (Doctoral dissertation). Universitas Diponegoro, Semarang.

LaForge, M. (2005). Applying explanatory style to academic procrastination. Journal of academy of business education, 6, 1-7.

Montalvo, F. T., & Torres, M. G. (2004). Self-regulated learning: Current and future directions. University de Navarra, Spain.

Nanik, N. (2008). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Anima Indonesian Psychological Journal, 23 (3), 256-276.

Rachmahana, R. S. (2002). Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Psikodimensia. 2 (3).

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (1), 66-75.

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1 (2), 118-126.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive behavioral correlates. Journal of counseling psychology, 31 (4), 503.

Steel, P. (2002). The Measurement and Nature of Procrastination (Unpublished Thesis). United States: University of Minnesota.

Syamril, J. R., & Nuryana, I. K. (2008). Pengaruh Pelatihan Kecerdasan Emosi terhadap Keterampilan Sosial Siswa Akselerasi. Jurnal Keberbakatan & Kreativitas, 2 (1).

Tondok, M. S., Ristyadi, H., & Kartika, A. (2008). Prokrastinasi Akademik dan Niat Membeli Skripsi. Anima Indonesian Psychological Journal, 24 (1), 76-87.

Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of educational psychology, 81 (3), 329.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id