Pelatihan Coaching Model Grow untuk Meningkatkan Kinerja Anggota Organisasi

Dian Dwi Nur Rahmah, Muhliansyah Muhliansyah

Abstract


Organisasi kemahasiswaan terus berkembang menjadi wadah pengembangan diri bagi mahasiswa untuk menyalutkan minat, bakat, keilmuan serta arah profesinya kelak. Dalam berorganisasi, mahasiswa diharapkan memiliki kinerja tinggi agar program kerja yang dijalankan dapat terlaksana dengan baik. Namun realitanya, para anggota yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman diketahui memiliki kinerja yang kurang baik karena banyak menemukan hambatan dan persoalan di organisasi. Dalam hal ini, peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk dapat mengatasi dan mengelola anggota agar mampu memperbaiki kondisi tersebut. Di sisi lain, peran pemimpin untuk mengelola para anggota juga dipersepsikan masih kurang sehingga dibutuhkan pelatihan coaching sebagai salah satu metode intervensi pengembangan organisasi. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggota HIMAPSI dalam melakukan coaching model GROW sehingga mampu meningkatkan kinerja para anggota HIMAPSI. Metode pelatihan yang digunakan meliputi uji pretest dan posttest evaluasi pembelajaran, pemaparan materi, diskusi disertai praktik/roleplay coaching model GROW, posttest evaluasi reaksi penyajian trainer dan evaluasi perilaku. Hasil pelatihan ada kenaikan pada tingkat pengetahuan dibuktikan dengan kenaikan skor nilai pre-post dari 60 menjadi 71,6 disertai uji test statistic wilcoxon, diperoleh keterangan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari 0.05 (P < 0,05). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan peserta pelatihan mengenai Coaching Model GROW untuk meningkatkan kinerja.

Keywords


kinerja, coaching, coaching model grow, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Fitriany, R. (2019). Pengaruh pelatihan coaching untuk meningkatkan kinerja supervisor pada divisi wiraniaga di PT. X. Psyche 165 Journal, 12(1), 70-77.

Rahmah, D. D. N., & Fahmie, A. (2016). Pengaruh pelatihan coaching terhadap kemampuan pemecahan masalah pada Supervisor. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 8(2), 263-284.

Mangkunegara, A.P. (2014). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama

Moen, F. & Allgood, E. (2009). Coaching and the effect on self-efficacy. Organization Development Journal, Vol 27(4), 69-82.

Nashori, F. (2000). Hubungan antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal mahasiswa. Jurnal Anima, 16(1), 32-40.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12. (2012). http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-12-tahun-2012-ttg-pendidikan-tinggi.pdf

Whitmore, J. (2009). Coaching for performance 4rd ed. London: Nicholas Brealey




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dian Dwi Nur Rahmah, Muhliansyah Muhliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id