Peningkatan Keterampilan Pengasuhan Positif Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pelatihan Helping Parents with Challenging Children

Miranti Rasyid, Aulia Suhesty, Happy Nugroho, Milalia Rizqi Aulia

Abstract


Kehadiran seorang anak di tengah keluarga merupakan impian bagi setiap orangtua, namun rasa bahagia itu berubah menjadi kekecewaan ketika orangtua mengetahui bahwa anak mereka memiliki suatu hambatan tertentu. Berdasarkan hasil wawancara wawancara dengan beberapa orangtua dengan anak berkebutuhan khusus ditemukan bahwa mereka kurang mendapatkan informasi bagaimana mengasuh anak-anak mereka. Ketidaktahuan penanganan anak berkebutuhan khusus membuat beberapa orangtua mengalami stres dan frustasi ketika sedang berinteraksi dan mengasuh dengan anak-anak mereka. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam menemukenali kebutuhan anak dan menerapkan pengasuhan positif dalam keluarga. Metode pelatihan yang digunakan meliputi uji pre dan post tes pelatihan, sharing pengasuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), ceramah dan praktik cara mengenali kebutuhan dan pengasuhan positif, serta follow up penerapan metode pengasuhan positif di rumah selama satu minggu. Hasil pengabdian ada kenaikan pada tingkat pengetahuan orangtua tentang mengenali ciri-ciri ABK, mengenali perilaku dan kebutuhan ABK, serta pengasuhan positif pada ABK dibuktikan dengan kenaikan skor nilai pre-post tes sebanyak 5-30 poin. Peserta pelatihan sejumlah 15 orangtua yang memiliki anak ABK telah mampu mempraktikkan pengasuhan positif di rumah dengan benar selama satu minggu dan mencatatnya di jurnal harian agar dapat dievaluasi bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Keywords


keterampilan pengasuhan positif, pelatihan helping parents with challenging children, orangtua abk.

Full Text:

PDF

References


Brobst, J. B., Clopton, J. R., & Hendrick, S. S. (2009). Parenting children with autism spectrum disorders: The couple’s relationship. Focus Autism Other Developmental Disabilities, 24(1), 38-49.

Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. (2006). Exceptional learners: An introduction to special education (10th ed.). Boston: Pearson.

Heward, W.L.(2003). Exceptional Children: An Introduction to Special Education. New Jersey: Merrill Prentice Hall - Pearson Education, Inc.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2013). Pelaksanaan Pembagunan Keluarga. Jakarta: Kemenpppa.

Li-Tsang, C.W., Kwai-Sang, M., & Yuen. (2001). Success in parenting children with developmental disabilities: Some characteristics, attitudes and adaptive coping skills. The British Journal of Developmental Disabilities, 47(93, Pt2), 61-71.

Muninggar, K.D. (2008). Hubungan antara parenting stress dengan persepsi terhadap pelayanan family-centered care pada orangtua anak tunaganda-netra. Skripsi. Universitas Indonesia, Depok.

News Digest. (2003). A Publication of the National Information Center for Children and Youth with Disabilities (3th Edition).

Sanders, M. R. (2008). Triple P-Positive parenting program as a public health approach to strengthening parenting. Journal of Family Psychology, 22(4), 506-517. doi:10.1037/0893-3200.22.3.506

Seligman, M., & Darling, R.B. (1997). Ordinary families, special children: A system approach to childhood disabilities (2nd ed.). New York: The Guilford Press.

Witt, K. (2005). The role of parental irrationality and child autism characteristics on parental stress level. Journal of School Psychology, 1, (1), 1-75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat)

Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.