Pelatihan Sistem Jurnal Daring (Online Journal System)

Muhammad Ali Adriansyah, Arif Wicaksa, Sumarni Sumarni, Fergie Fernando Hesfie, Andra Riyandi Dwitama

Abstract


Sistem Jurnal Daring merupakan suatu hal penting dalam institusi pendidikan tinggi dan institusi berbasis penelitian. Dalam sistem tersebut terdapat banyak hal, tugas dan peran yang harus saling bersinergi dalam menciptakan hasil berupa jurnal yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi dunia penelitian. Salah satu peran tugas dan peran penting dalam Sistem Jurnal Daring adalah Peninjau. Namun hal yang disayangkan adalah masih kurangnya sosialisasi dan kemampuan pihak yang terkait khususnya dosen dalam pengelolaan jurnal berbasis daring ini. Salah satu peran penting dosen adalah menjadi peninjau dari suatu jurnal ilmiah. Berdasarkan hal tersebut maka penulis berusaha memberikan pelatihan peninjau jurnal daring dengan menggunakan metode partisipatori dan model Bloom. Sebagai hasilnya, peserta menjadi memiliki pengetahuan dalam peran sebagai peninjau dan pada saat yang sama memiliki kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi dan perangkat lunak dasar pada situs jurnal daring yang dijadikan instrumen pelatihan. Pelatihan oleh penulis kali ini bukanlah pelatihan yang sempurna melainkan hanya menjadi pengantar untuk pelatihan pengayaan pemahaman lanjutan terkait penggunaan perangkat daring dalam pengelolaan jurnal.

Keywords


jurnal daring, peninjau, partisipatori, model bloom

Full Text:

PDF

References


Agus, F. (2009) ‘Pengembangan Link Interkoneksi dan Internet Sharing Unmul-Diknas Kabupaten Kutai Timur’, Jurnal Informatika Mulawarman 4(2), pp.30-37

Chandrasegaran, A., Ellis, M., dan Poedjosoedarmo, G. (2005) ‘Essay Assist – Developing Software for Writing Skills Improvement in Partnership with Students’, RELC Journal 36(2), pp.137-155

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (2014) Pelatihan Pengelolaan eJournal [daring]. Tersedia di (https://fisip-unmul.ac.id/main/index.php/id/seputar-kampus-fisip/303-pelatihan-pengelolaan-ejournal) diakses pada 2 Desember 2019

Hodkinson, P. (2007) ‘Interactive online journals and individualization’, Journal New Media and Society 9(4), pp.625-650

Huang, H. (2014) ‘Online versus Paper Based Instruction: Comparing Two Strategy Training Modules for Improving Reading Comprehension’, RELC Journal 45(2), pp.165-180

Institute of Development Studies (2019) About Participatory Methods [daring]. Tersedia di (https://www.participatorymethods.org/page/about-participatory-methods) diakses pada 12 Agustus 2019

Kuo, C.H. (2008) ‘Designing an Online Writing System: Learning with Support’, RELC Journal 39(3), pp.285-299

Pettinger, C., Letherby, G., Parsons, J.M., dan Withers, L., (2018) ‘Employing participatory methods to engage an under-researched group: Opportunities and challenges’ Journal of Methodological Innovations, January-April, p.1-13

Pope, C.A. (1990) ‘A Flexible Formula: Indirect Teaching and Assessment: Are They Mutually Exclusive?’ NASSP Bulletin 74(527), pp.1-5

Reece, M.J. (1985) ‘Bloom Revisited: A School Learning Model of Computer Literacy’, Journal Educational Computing Research 1(1), pp.23-35

Riley, A.H., Sood, S., dan Robichaud, M. (2017) ‘Participatory Methods for Entertainment-Education: Analysis of Best Practice’, Journal of Creative Communications 12(1), pp.62-76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat)

Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.