Upaya Peningkatan Baseline Body Acceptance Melalui Gerakan Say No to Body Shaming di Kalangan Pelajar Kota Mojokerto

Sendhi Tristanti Puspitasari, Farah Farida Tantiani, Anggaunita kiranantika, Ludi Wishnu Wardhana

Abstract


Bullyingatau pelecehan verbal di kalangan pelajar semakin sering terjadi. Body shaming adalah perilaku mengkritik atau mengomentari fisik atau tubuh diri sendiri maupun orang lain dengan cara yang negatif. Standar ideal yang ada kemudian memengaruhi citra tubuh dan penerimaan tubuh dalam masyarakat, terutama remaja. Pelatihan ini menggunakan pendekatan ellicitive yang mengutamakan proses interaktif antara fasilitator dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan skill dengan peserta multi dimensi. Kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan melalui perempuan yang telah bergabung dalam komunitas yang berjumlah sekitar 5 (lima) komunitas dengan jumlah sekitar 8-20 orang per komunitas. Dalam kuesioner yang terkait dengan body acceptance baseline menunjukkan bahwa hanya sebesar 15% responden menjawab benar di mana memberikan gambaran penilaian positif dan penerimaan terhadap tubuh dan dirinya sendiri. Kemudian sebesar 85% responden menjawab salah terkait pernyataan kuesioner body acceptance baseline, sehingga jawaban responden didominasi oleh jawaban di mana memberikan penilaian negatif terkait gambaran penilaian dan penerimaan terhadap tubuh dan dirinya sendiri. Maka Gerakan Say No to Body Shaming di Kalangan Pelajar Kota Mojokerto perlu dilakukan sebagai salah satu upaya penerimaan tubuh dan sebuah dorongan dalam penyelesaian masalah terkait body image. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui beberapa manfaat yang diperoleh dari peserta setelah mengikuti serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mereka mendapatkan pemahaman dan pengetahuan baru tentang apa itu body shaming dan dampak negatif yang muncul akibat body shaming, sehingga pelajar mulai memahami pentingnya menghindari bullying, dan dapat menekan dan mengurangi jumlah pelaku serta korban bullying terutama body shaming, serta meningkatkan penilaian diri remaja ke arah positif.


Keywords


PLakat; Jurnal Plakat; Pelayanan Kepada Masyarakat; Mental Health; Body Shaming

Full Text:

PDF

References


Chambers. R. (2002). Participatory Workshops: A Sourcebook of 21 Sets of Ideas and Activities. London & Sterling VA: Earthscan.

Grogan, S. (2001). Body Image: Understanding Body Dissatisfaction in Men, Women, and Children. New York: Routledge.

Hasmalawati, N. (2017). Pengaruh Citra Tubuh dan Perilaku Makan terhadap Penerimaan Diri pada Wanita. Jurnal Psikoislamedia. 2 (2) 107-115.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Human Development, 11th ed. New York: McGraw-Hill, Inc.

Ricciardelli, L.A. & Yager, Z. (2016). Adolescence and Body Image: From Development to Preventing Dissatisfaction. New York: Routledge.

Sa’diyah, H. (2015). Pengaruh Citra Tubuh terhadap Penyesuaian Diri Siswa-Siswi Kelas VII-VIII SMP NU Syamsuddin Malang. Tesis. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Santrock, J.W. (2011). Life-Span Development, 13th ed. New York: McGraw Hill, Inc.

Siagian, S.P. (1995). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Sinamo, J. H. (2002). Ethos Kerja21. Jakarta: Mahardhika.

Sigman, A. (2014). The Body Wars: Why Body Dissatisfaction is at Epidemic Proportions and How We can Fight Back. London: Piatkus.

Veale, D., Wilson, R., & Clarke, A. (2009). Overcoming Body Image Problems Including Body Dysmorphic Disorder. London: Constable & Robinson Ltd.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sendhi Tristanti Puspitasari, Farah Farida Tantiani, Anggaunita kiranantika, Ludi Wishnu Wardhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id