Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan

Elbadiansyah Elbadiansyah, Muhammad Tommy Fimi Putra

Abstract


Mutu pendidikan di Indonesia sampai saat ini belum sebagaimana apa yang diharapkan, masih banyak satuan pendidikan atau sekolah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), dimana standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah berbeda dengan standar yang dilaksanakan di sekolah, sehingga sebagian besar kualitas yang dihasilkan belum memenuhi standar yang diharapkan. Dalam peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah secara bersama-sama memiliki budaya mutu whole school approach. Untuk itu dibutuhkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang akan memastikan bahwa pengelolaan pendidikan dijalankan dengan standar mutu sesuai dengan kebijakan pemerintah. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pemetaan, perencanaan, pelaksanaan, audit/evaluasi dan selanjutnya menghasilkan mutu baru dalam satuan pendidikan. Hasil yang di dapat seluruh proses pelatihan yaitu pendidikan Sekolah MA’ARIF NU 001 dan MI MA’ARIF NU 003 Samarinda telah sesuai dengan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang ditetapkan oleh pemerintah. secara sadar, mandiri dan berkesinambungan menjalankan pendidikan yang bermutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Full Text:

PDF

References


Fattah, N. (2012). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

PP No 32. (2013). Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta; Pustaka Mahardika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Elbadiansyah Elbadiansyah, Muhammad Tommy Fimi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id