Efektivitas Social Skills Training (SST) untuk Mereduksi Intensitas Bullying Pada Remaja

Rizky Septia Hardhiyanti, Lena N Pandjaitan, Lutfi Arya

Abstract


Salah satu tindak kekerasan yang sering terjadi di sekolah adalah bullying. Permasalahan bullying tidak hanya dialami oleh siswa di sekolah regular, melainkan banyak pula yang terjadi pada siswa di sekolah inklusi khususnya terhadap siswa berkebutuhan khusus. Bullying merupakan salah satu bentuk permasalahan hubungan sosial, yang disebabkan oleh rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki oleh pelaku. Maka salah satu cara yang diprediksi dapat mereduksi yakni dengan meningkatkan fungsi sosial melalui program intervensi berupa social skills training. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat efektivitas social skills training dalam mereduksi intensitas bullying pada remaja. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang berada pada rentang usia remaja. Partisipan merupakan pelaku bullying pada jenjang sekolah menengah pertama di salah satu sekolah inklusi. Partisipan akan mengikuti social skills training selama enam sesi yang berdurasi sekitar 90-120 menit tiap sesinya. Penelitian ini menggunakan single case experiment design, dengan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan juga self-report melalui pengisian skala perilaku bullying dan skala keterampilan sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa social skills training memiliki pengaruh pada penurunan intensitas bullying, hanya saja penurunan tidak terjadi secara signifikan. Penanganan permasalahan bullying sebaiknya tidak hanya ditujukan kepada pelaku ataupun korban, melainkan dengan whole-school approach, sehingga pihak sekolah dan orang tua dapat turut serta dalam penanggulangan masalah bullying yang terjadi.

Keywords


bullying, social skills training (SST), remaja

Full Text:

PDF

References


Alavi, S.Z., Savoji, A.P. & Amin Forogh. (2013). The Effect of Social Skills Training on Aggression of Mild Mentally Retarded Children. Social and Behavioral Sciences 84: 1166-1170.

Boyle, D.J. (2005). Youth Bullying: Incidence, Impact, and Interventions. Journal of The New Jersey Psychological Association. New Jersey.

Carr, A. (2001). Abnormal Psychology: Psychology Focus. East Sussex: Psychology Press.

Englander. (2007). Is Bullying a Junior Hate Crime? Implications for Interventions. Journal of American Behavioral Scientist, 51(2), 205-212.

Ercole, Jacqueline. (2009) Labeling in the Classroom: Teacher Expectations and their Effects on Students' Academic Potential. Honors Scholar Theses. 98.

Field, E.M. (2007). Bully blocking six secrets to help children. United Kingdom: Jessica Kingsley Publishers.

Hamburger, M.E., Basile, K.C., Vivolo, A.M. (2011). Measuring Bullying Victimization, Perpetration, and Bystander Experience: A Compendium of Assessment Tools. Atlanta, GA: Centers for Diseas Control and Prevention, National Center for Injury Prevention and Control.

Kõiva, Kristi. (2012). Social Skills Training as a Mean of Improving Intervention for Bullies and Victims. Social and Behavioral Sciences 45: 239-246.

Shifrer, Dara. (2013). Stigma of a Label: Educational Expectations for High School Students Labeled with Learning Disabilities. Social Contexts, Health, and Well Being. 54(4) 462-280.

Smart, D., Sanson, A. (2003). Social Competence in Young Adulthood it’s Nature and Antecedants. Australian Institute of Family Studies. No. 64, 4-9.

Sohravardi, B.B.H., Bafrooei, K.B., Fallah, M.H. (2015). The Effect of Empathy Training Programs on Aggression and Compatibility Students of Elementary Schools in Yadz, Center of Iran. International Journal of Pediatrics. 3(4): 841-851.

Swearer, S.M., dkk. (2009). Bullying Prevention and Intervention: Realistic Strategies for Schools. New York: The Guilford Press.

Swearer, S.M., Hymel, Shelley. (2015) Understanding the Psychology of Bullying: Moving Toward a Social-Ecological Diathesis-Stress Model. American Psychological Association. Vol 7, No. 4, 344-353.

Reiter, S. & Lapidot-Lefler, N. (2007). Bullying Among Special Education Students with Disabilities: Differences in Social Adjusment and Social Skills. Intellectual and Developmental Disabillities, 45(3): 174-181.

Richard, Jacques F., Schneider, Barry H., Mallet Pascal. (2011). Revisiting The Whole-School Approach to Bullying: Really Looking at The Whole School. School Psychology International.33(3) 263-284.

Viranda, C., Alhamdu., Istiningtyas, L. (2019). Bermain Peran (Role Play) dan Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Psikostudia: Jurnal Psikologi. Vol 8, 1-6.

Yuwanto, Listyo. (2012). Pengantar Metode Penelitian Eksperimen. Jakarta: CV. Dwiputra Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id