Kampanye Hemat Listrik Terhadap Efisiensi Energi Pada Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja

Rini Fitriani Permatasari, Rahma Wati, Putri Hanifah, Misriyanti Misriyanti

Abstract


Hadirnya energi listrik di dalam kehidupan masyarakat merupakan salah satu hal penting yang mendukung pesatnya perkembangan kemajuan kehidupan sekarang. Hemat energi listrik bukan sekedar menghemat biaya pengeluaran, tetapi lebih jauh lagi dapat mencegah krisis pasokan listrik dan membantu me-nyelamatkan bumi dari kerusakan akibat pemanasan global lantaran pemakaian energi listrik yang berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kampanye hemat listrik terhadap efisiensi energi pada ibu rumah tangga yang bekerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjk dan informan penelitian ini berberjumlah 10 orang dan memiliki karakteristik sebagai ibu rumah tangga, bekerja, dan melakukan hemat lisitrik pada rumah tinggal. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunanakan metode interaktif yaitu reduksi data, menyajikan data, membuat kesimpulan dan virifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye maupun iklan yang menghimbau untuk hemat energi listrik tidak mendapat respon yang kurang baik dari ibu rumah tanggah dikarenakan tidak didukung oleh orang sekitar dan kurang pemahaman akan hemat energi. Ada-pun factor-faktor yang mempengaruhi penggunaan listrik secara tidak efisien adalah adanya faktor pendapatan, demografi, kepercayaan, bangunan tradisional. Sedangkan faktor internal meliputi malas dan kebiasaan. Serta yang terakhir adalah factor kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sehingga mempengaruhi dalam pemakaian energi listrik secara tidak efisien.

Keywords


kampanye hemat listrik, efisisen energi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pen-dekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pen-dekatan Praktik. (Edisi Revisi). Rineka Cipta: Jakarta.

Ardiansyah, Azwar. 2013. Kampanye Hemat Energi Listrik Melalui PT. PLN Distribusi Jawa Timur Karya Desain grafis Di Kota Surabaya. Jurnal visual Art. 1(1):25-30.

Azwar, S. 2011. Metode Peneletian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Bhattacharjee, S. & Reichard, G. 2011. Socio-Eco-nomic Factors Affecting Individual Household Energy Consumption: A Systematic Review. Proceeding soft the ASME 2011 5th International Conference on Energy Sustainability, Washing-ton, DC, USA. The American Society of Mechan-ical Engineers (ASME) 7-10.

Bodach, Susanne, J. Hamhaber. 2010. Energy Effi-ciency in Social Housing: Opportunities and Bar-riers. Journal A Case Study in Brazil, Energy Policy. 38(12):7898-7910.

Creswell W. Jhon. 2013. Research Design Pendeka-tan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Elkan, W. (1988). Alternatives to Fuelwood in Afri-can Towns. Journal World Development, 16(4), 527–533.

Handayani, Teti.2010. Efisiensi Energi dalam Rancang Bangunan. Jurnal Spektrum Sipil.1(2):102-108.

Imami Nur Rachmawati. 2007. Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal keperawatan Indonesia. 11(1):35-40.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). GP Press: Jakarta.

Kotler P. 2010. Marketing 3.0. Dian Wulandari, Pen-erjemah. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip and Lee Nancy. (2008). Social Market-ing; Influencing Behaviors for Good, Third Edi-tion. California: Sage Publications, Inc.

Kementerian ESDM. 2008. The Study on Energy Conservation and Efficiency Improvement in the Republic of Indonesia. Join with JICA –MEMR Republic of Indonesia.

McQuail, Denis. 1989, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Erlangga. Jakarta.

Milles, Matthew B. & A Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. UI-Perss: Jakarta.

Misnawati, Indah Tri. 2013. Strategi Komunikasi Pada Kampanye Perlindungan Orangutan oleh LSM Centre for Orangutan Protection (COP) di Samarinda, Kalimantan Timur. Journal lmu Komunikasi. 1(4):135-149.

Mowen, John C, and Minor Michael. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima. Penerbit Er-langga: Jakarta.

Nazera. Muhammad, dan Hefrizal Handraa. 2016. Analisis Konsumsi Energi Rumah Tangga Perkotaan di Indonesia: Periode Tahun 2008 dan 2011. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indo-nesia. 16(2):141-153.

Nuradi. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Perusahaan Listrik Negara (Persero). Buku Statistik PLN 2013. Dapat diakses di http://www. pln.co.id/dataweb/STAT/STAT2013IND.pdf.

Poerwandari, K. 2007. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta:PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Prianto, E. 2016. Audit Energi Pada Rumah Tinggal Ber Arsitektur Konvensional dan Modern. Jurnal PPKM. (II): 121-135.

Prianto, E, 2007. Rumah Tropis Hemat Energi Ben-tuk Keperdulian Global Warming. Jurnal RIPTEK. 1(1):1-10.

Rogers, E. M., & Storey J. D. 1987. Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.), Handbook of Communication Science, New Burry Park; Sage.

Ruslan, Rosady. 1997. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT. Rajagrafindo Persada: Ja-karta.

Sovacool, B.K, Dhakal, S., Gippner, O., dan Bam-bawale, M.J., 2011, Halting Hydro: A Review of The Social-Technical Barriers to Hydroelectric Power Plants in Nepal, Energy. 36.(36):3468-3476.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung.

Walker, W. 1985. Information Technology and the Use of Energy. Journal Energy Policy. 13(5):458–476.

Yin, Robert K., 2014, Studi Kasus Desain & Metode, Rajawali Pers, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id