Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan

Maya Rizky Ramadhani, Risma Fernanda, Riska Sari, Hairani Lubis

Abstract


Pada masa sekarang, rasa peduli terhadap lingkungan sangat rendah di kalangan masyarakat, khususnya pada anak muda. Kesadaran akan lingkungan perlu di bangkitkan pada diri masing-masing anak agar anak memiliki perilaku peduli terhadap lingkungannya. Dalam membentuk karakter peduli lingkungan, harus dilakukan sedini mungkin agar anak mampu mengelola lingkungan dengan baik dan bijaksana serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua dalam membentuk karakter peduli lngkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian ini sebanyak tiga orang yang berlokasi di kampung PHBS (Perilaku Hijau Bersih Sehat) yang terletak di Samarinda Utara Kelurahan Lempake.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggun-anakan metode interaktif yaitu reduksi data, menyajikan data, membuat kesimpulan dan virifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pola asuh orang tua dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada anak tidak banyak berpengaruh karena dalam membentuk karakter peduli lingkungan harus didukung dengan kondisi masyarakat yang juga memiliki sikap-sikap peduli terhadap lingkungan.

Keywords


pola asuh, karakter peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. 2013. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dariyo, A. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Miles, M. B., dan Huberman, A. M. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI -Press.

Priadi, A. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh dan Konsep Diri dengan Perilaku Lingkungan Ma-hasiswa. Jurnal Administrasi Perkantoran. 2(1): 1-15.

Sanjiwani, N.L.P.Y. 2014. Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di Sma Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana. 1(2): 1-12.

Setiyani, N. 2003. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program “Green environ-ment” di SMP Alam Ar-Ridho Kota Semarang. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Jawa Tengah.

Santrock, J. W. 2002. Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jilid 1: Edisi Kelima. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Schultz, P.W. 2005. Values and Their Relationship to Environmental Concern and Conservation Be-havior. Journal Cross-Cultural Psychology. 36(4): 457-475.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu, Y. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zainuddin, M. 2010. Membentuk Karakter Anak Melalui Pendidikan IPS. Malang: UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id