Pandemi dan Tingkat Stress Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Kuliah: Studi Analitik pada Mahasiswa FKM Universitas Mulawarman

Rahmi Susanti, Syafira Maulidia, Mariana Ulfah, Annisa Nabila

Abstract


Latar Belakang & Tujuan: Terjadinya pandemi Covid-19 mendorong pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk mengalihkan aktivitas belajar dan bekerja di rumah. Hal ini menjadi perhatian bagi mahasiswa yang sedang menghadapi tugas akhir karena target dan tuntutan untuk segera lulus tepat waktu. Akibat kesulitan yang dirasakan tersebut menimbulkan perasaan negatif yang pada akhirnya dapat menyebabkan mahasiswa menunda penyusunan skripsinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres pada mahasiswa FKM Universitas Mulawarman yang menyusun skripsi selama belajar dari rumah di era new normal. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan populasi 150 dan sampel 50. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Friedman. Hasil: Hasil uji Friedman Test p value 0,001 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 (alpha), yang berarti terdapat perbedaan tingkat stres mahasiswa semester akhir dalam mengerjakan skripsi sebelum dan saat pandemi. Kesimpulan: Pandemi mempengaruhi tingkat stress mahasiswa/i tingkat akhir dalam mengerjakan tugas akhir sehingga diharapkan mampu mengatasi sumber stres baik internal maupun eksternal yang dihadapi selama proses penulisan skripsi.

Keywords


Tingkat Stres, Belajar dari Rumah, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Ardhianti, Y., Pitriani, R., & Damayanti, I. P. (2014). Panduan Lengkap Keterampilan Dasar Kebidanan 1. Yogyakarta: Deepublish.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research,287(112934). https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Dermawan, A. C., & Setiawati, S. (2008). Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.

Ducharme, L. J., Knudsen, H. K., & Roman, P. M. (2008). Emotional exhaustion and turnover intention in human service occupations: The protective role of coworker support.Sociological Spectrum, 28(1), 81–104. https://doi.org/10.1080/02732170701675268

Febriana, D., & Wahyuningsih, A. (2011). Kajian Stres Hospitalisasi Terhadap Pemenuhan Pola Tidur Anak Usia Pra-Sekolah di Ruang Anak RS Baptis Kediri. Jurnal Stikes RS. Baptis Kediri, 4(2), 66–72. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/stikes/article/

view/18429/18245

Goff, A. (2009). Stressors, Academic Performance and Learned. Universitas Carolina Utara Indrawan, D. I., Wijoyo, H., Muliansyah, D. D., Sunarsi, D.,

Lutfi, A. M., Irawati, L Handoko, A. L. (2020). Pembelajaran di Era New Normal. (N. Falahia, Ed.). CV. Pena Persada.

Kausar, R. (2010). Perceived Stress, Academic Workloads and Use of Coping Strategies by University Students. Journal of Behavioural Sciences, 20.

Kemenkes, R. I. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian.

Mardiana, Y., & Zelfino. (2014). Hubungan Antara Tingkat Stres Lansia dan Kejadian Hipertensi pada Lansia di RW 01 Kunciran Tangerang. Forum Ilmiah, 11(2), 261–267. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/881/811

Mu’tadin, Z. (2002). Kesulitan Menulis Skripsi.

Potter, & Perry. (2009). Fundamental Keperawatan (Edisi 7). Jakarta: Salemba Medika.

Purwati, S. (2012). Tingkat stres akademik pada mahaiswa regular angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. FIK UI Depok.

Rachmadi, F. (2014). Pengaruh tingkat intensitas belajar terhadap terjadinya stres pada mahasiswa PSPD 2011 FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25540

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 66–75. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1358/1453

Siegel, S. (1992). Statistika Non Parametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Sudarya, I. W., Bagia, I. W., & Suwendra, I. W. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi Jurusan Manajemen Undiksha Angkatan 2009. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/4309/3333

Suzanne, C. S., & Brenda, G. B. (2008). Keperawatan Medikal Bedah 2 (Edisi 8). Jakarta: EGC. Triana, D., & Widyarto, W. . (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi di Provinsi Baten. Jurnal FONDASI, 1(1), 182–190.

Ulum, M. C. (2018). Hubungan Sikap Mahasiswa dengan Tingkat Stress dalam Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Semester VIII S1 Keperawatan Stikes Icme Jombang. Stikes Insan Cendikia Medika.

WHO. (2020). Data Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Retrieved from https://www.who.int/




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkmm.v3i1.6273

Copyright (c) 2021 Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)
e-ISSN: 2686-3601 (ONLINE)
Ruang Jurnal Lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman,
Jl. Sambaliung, Kampus Gn. Kelua Samarinda, Kalimantan Timur  (75123)
Website : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH 
Email  : journal.JKMM@gmail.com

Creative Commons License

JKMM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the JKMM and license the republished material under the same license.