IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA APARATUR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI KERJA PADA DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA DAN KOMINFO KOTA SAMARINDA

Sukarmini Sukarmini.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembinaan sumber daya aparatur pada Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda  melalui pendidikan dan pelatihan dalam upaya Meningkatan Prestasi Kerja dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Prestasi Kerja Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota samarinda setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif.Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Model Interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, memberikan pegawai ketrampilan khusus melalui pendidikan dan pelatihan yang  meliputi Diklat Tekhnis, Diklat Fungsional  dan Kursus-Kursus dalam bidang pekerjaannya merupakan upaya meningkatkan sumber daya aparatur dalam rangka meningkatan Prestasi Kerja Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda. Ada perubahan yang berarti bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memiliki legalitas pendidikan dan pelatihan, baik segi kemampuan, keterampilan, dan keahlian sehingga kinerja pegawai secara kuantitas, kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan menjadi meningkat dan lebih baik. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v1i3.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License