COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PEMBELAJARAN ILMU FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Arif Harjanto, Didit Suprihanto

Abstract


Kemajuan teknologi multimedia di bidang komputer saat ini dipergunakan sebagai strategi penggunaan media pembelajaran di dunia pendidikan yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang dikemas dengan baik memberikan dampak yang positif dalam memajukan potensi pada diri manusia. Fisika termasuk salah satu pendidikan sains yang dipelajari oleh siswa dengan mengadakan kontak langsung terhadap objek yang diselidiki. pengetahuan yang dipelajari berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Berbagai kendala dalam pembelajaran fisika di sekolah banyak ditemui saat ini adalah metode pembelajaran yang membosankan dan monoton dengan ceramah, diskusi informasi dan demonstrasi di ruang kelas.
Computer Assisted Instruction (CAI) sebagai media pembelajaran berbasis komputer mikroprosesor di bangun sebagai pelengkap dan pendukung metode pembelajaran. CAI dikemas dalam bentuk multimedia yang menarik dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) yang interaktif dengan teknologi multimedia. Hasil penelitian berupa visualisasi Computer Assisted Instruction (CAI) dengan model tutorial dan simulasi sebagai media pembelajaran fisika dengan komputer untuk siswa Sekolah Menengah Atas.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. Divisi Buku Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Druxes, & Slemsen. 1986. Kompendium didaktik fisika. (Terjemahan Soeparno). Munchen : Franz-Ehrenwirth Verlag GmBH & Co. KG, Munchen. (Buku asli diterbitkan tahun 1983)

Heinich, R. ,dkk., 1996, Instructional Media and Technology for Learning, Prentice Hall.Inc.,

Pressman Ph.D, Roger S, Ph.D, 1997, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Buku I, Jogjakarta, Andi Jogjakarta

Raninga, N., 2010. Effectiveness of CAI for teaching mathematic of standard VII. Journal of advances in developmental research 1(2) 2010: 186-187

Smaldino, Lowther, & Russell, 2008. Instructional Technology and Media For Learning, 9th ed. Copyright @ 2008 by person educational, Inc. All right reserved.

Sommerville, Ian. 2007. Software Engineering 8th. England: Addison-Wesley Publishers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v7i3.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.