SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TAHANI

Hamdani Hamdani, Haviluddin Haviluddin, Muhammad Syarif Abdillah

Abstract


Notebook adalah perangkat komputer bagi pengguna yang dinamis. Memiliki fungsi seperti komputer secara umum. Dalam pembelian sebuah notebook, banyak hal yang dapat dijadikan parameter penilaian untuk mendukung keputusan. Dalam hal ini, seseorang bisa saja memiliki parameter yang berbeda dengan orang lainnya. Terdapat permasalahan dimana sesorang bisa rumit dalam menentukan notebook mana yang akan dibelinya, oleh karena banyaknya spesifikasi dan harga dari tipe-tipe notebook yang variatif, sementara calon pembeli terkadang kurang dapat memberikan spesifikasi yang jelas terhadap kebutuhan dan keinginannya kepada penjual. Penggunaan metode fuzzy database dengan model Tahani pada sebuah sistem pendukung keputusan merupakan salah satu jalan pemecahan masalah yang dapat menangani hal tersebut, dimana bahasa alami yang sering digunakan sehari-hari yang bersifat relatif, kualitatif, dan tidak presisi akan menjadi input kriteria pada sistem oleh pengguna. Sehingga pada akhir prosesnya, pengguna akan mendapatkan daftar notebook yang direkomendasikan berdasarkan kriteria masukannya. Hasil menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan alternatif notebook yang dapat direkomendasikan berdasarkan kriteria yang digunakan pengguna dalam memilih sebuah notebook dengan model fuzzy tahani.


Full Text:

PDF

References


Al-Fath, R.B. 2010. “Intelligent Internet Marketing untuk Membantu Konsumen Dalam Pemilihan Handphone menggunakan Fuzzy Database Model Tahani”. Skripsi Sarjana Bidang Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Amalia, L, Fananie, Z.B, dan Utama, D.N. 2010. “Model Fuzzy Tahani untuk Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) (Kasus : Rekomendasi Pembelian Handphone)”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi, Yogyakarta.

Eliyani, P.U, dan Rosyadi, D. 2009. “Decision Support System untuk Pembelian Mobil Menggunakan Fuzzy Database Model Tahani”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi, Yogyakarta.

Fathansyah. 1999. Basis Data. Bandung : Informatika.

Hamdani, 2011, “Penerapan Himpunan Fuzzy Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Telephone Cellular”, Jurnal Informatika Mulawarman. Vol.6.No.1. Hal. 39-44.

Hendry. 2009. Berbagai Aplikasi Database dengan VB 6.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Kusumadewi, S. 2003 Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kusumadewi, S, dan Purnomo, H. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nugroho, A. 2005. Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Pandjaitan, dan Lanny, W. 2007. Dasar-dasar Komputasi Cerdas. Yogyakarta : Andi.

Subakti, I. 2002. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System). Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Suhendar, A, dan Gunadi, H. 2002. Visual Modeling Menggunakan UML dan Rational Rose. Bandung : Informatika.

Surya, S. 2010. Kamus Istilah Komputer. Sleman : Klik_Media.

Turban,E, Aronson, J.E, Liang, T.P. 2005. Decision Support System and Intelligent System, Edisi 7, Edisi bahasa Indonesia. Yogyakarta : Andi.

http://dc204.4shared.com/download/AOZaNDJ/SPK_Pemilihan_Operator.pdf?tsid=20110223-225945-4d5c8aed. SPK Pemilihan Operator Seluler. Diakses Tanggal 24 Februari 2011.

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/440/jbptunikompp-gdl-landriramd-21951-12-daftars-l.pdf. Daftar Simbol UML. Diakses Tanggal 28 Maret 2011.

http://riah-ukurginting.web.ugm.ac.id. Aplikasi Translasi Bahasa Online Berbasis Google API. Diakses Tanggal 02 April 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v6i3.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.