PERANCANGAN DATA WAREHOUSE PENJUALAN UNTUK PERHITUNGAN LABA RUGI (Studi Kasus di Era 5000 Lembuswana Samarinda)

Awang Harsa Kridalaksana, Hamdani Hamdani, Norma Yanti

Abstract


Data Warehouse merupakan sistem repository dan merupakan suatu data yang besar dan mengandung informasi dan di digunakan untuk keperluan analisis dan laporan. Selain itu data warehouse juga digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan untuk mementukan kebijakan dan straategi yang akan diambil untuk meningkatkan mutu penjualan dan pendapatan kedapannya. Database OLTP (OnLine Transaction Processing) yang digunakan untuk penelitian ini adalah database penjualan era5000 Lembuswana Samarinda. Database OLTP tersebut diekstrak dan dilanjutkan kedata warehouse untuk kemudian digunakan dalam pembuatan laporan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah data warehouse lengkap dengan pelaporan informasi hasil laba yang diperoleh mulai tahun 2006 sampai dengan 2010. Platform database yang digunakan untuk OLTP dan data warehouse pada peneltian ini adalah Microsoft SQL Server 2005. Untuk proses ETL (Extraction, Transformation, Loading) dilakukan di Integration Service. Sedangkan untuk proses pembuatan laporan dilakukan di Report Service menggunakan sistem OLAP yang dapat di akses melalui browser Internet Explorer. Digunakan query seleksi untuk proses pemilihan data operasional dan menyalurkan ketujuan yaitu data warehouse. Dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat user interface adalah bahasa pemrograman ASP dot Net yang merupakan teknologi Microsoft yang di khususkan untuk pengembangan web dinamis. Aplikasi data warehouse hanya dapat ditampilkan menggunakan browser Internet Explorer.


Full Text:

PDF

References


Sitompul, S.O. 2006. Data Warehouse Inisiatif di Universitas Sumatra Utara. Skripsi: Teknologi Informasi, Universitas Sumatra Utara.

Turban, E., Aroson, J., dan Liang, P.T., 2005. Decision Support System (Sistem pendukung keputusan dan sistem cerdas). Yogyakarta. Andi.

Nugroho, A.D., Johan, T., Hoetama, J.T., 2008. Aplikasi Data Warehouse Untuk Analisis Penjualan Mobil Berbasis Multimensional Modeling (MDM) dan Star Schema Desain (studi kasus: PT. Asco Automotive) Jurnal Teknologi Informasi. Vol.5 No. 2. Pp 186-197.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v6i3.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.