Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Menentukan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Negeri

Zainal Arifin

Abstract


Penggunaan alat bantu komputer sebagai alat pendukung dalam bidang manajemen akuntansi sudah merupakan kebutuhan mutlak. Koperasi tidak hanya membutuhkan tenaga terampil yang memahami konsep dasar akuntansi secara manual, tetapi juga penguasaan dengan alat bantu komputer. Proses perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada koperasi bukan merupakan proses yang mudah karena perhitungan SHU ini berdasarkan transaksi, kejadian dan keadaan ekonomi yang timbul dari kegiatan usahanya, terlebih jika masih diproses secara manual. Jika dilakukan dengan proses manual proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk melayani anggota. Oleh sebab itu perlu dibuat Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Pegawai Negeri. Sistem ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses penyimpanan dan peminjaman pada koperasi karena proses penentuan keputusan dibantu secara komputasi modern dengan bantuan komputer. Hasil dari penelitian ini dibuatlah perangkat lunak dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 sebuah Sistem Penunjang Keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP memiliki keunggulan dibandingkan metode lainnya karena dapat digambarkan secara grafis melalui matriks. Hasil akhir SPK ini berupa laporan jumlah SHU yang diterima setiap anggota pada Koperasi Pegawai Negeri dalam satu tahun. Jika Sistem Penunjang Keputusan penentuan SHU Koperasi diimplementasikan secara optimal maka masalah yang timbul karena proses penginputan, penyimpanan, pencarian, transaksi dan perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang sebelumnya merupakan salah satu kendala dalam menjalankan proses operasional koperasi dapat teratasi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Daihani, D. U. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Handojo, A, Setiabudi, D. H, and Yunita, R. Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan Dan Perencanaan Karir Pada PT. X. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Johar, A. 2002. Manajemen Koperasi Berbasis Komputer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Kartasapoetra, G. 2003. Praktek Pengelolaan Koperasi Buku Acuan untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Rineka Cipta dan Bina Adiaksara.

Kristanto, A. 2004. Rekayasa Perangkat Lunak (Konsep Dasar). Yogyakarta: Gava Media.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

McLeod, R,Jr,1996, Management Information System,6 th Edition, P Edition, Prentice-Hall International, Inc. Englewood Cliff, New Jersey.

Nugroho, B. 2004. Database Relational dengan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Sudarsono, and Edilius. 2005. Koperasi dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Susila, W. R, and Munadi, E. 2007. Penggunaan Analytical Hierarchy Process Untuk Penyusunan Prioritas Proposal Penelitian. Surabaya: Universitas Wijaya Kusuma.

Sutabri, T. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Tohar, M. 1999. Permodalan dan Perkreditan Koperasi. Yogyakarta: Kanisius.

Tunggal, A. W. 1995. Akuntansi untuk Koperasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Turban, E dan Aronson, J, E, 1995, Decision Support System And Intelegent Systems, Fifth Editon, Prentice-Hall International, Inc. New

Jersey.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v5i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.