Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Siswa SD Dengan Metode Marker Based Tracking

Irwan Ripansyah, Indah Fitri Astuti, Putut Pamilih Widagdo

Abstract


Tata surya merupakan salah satu pelajaran ilmu pengetahuan alam yang diajarkan di Sekolah Dasar, namun saat ini materi mata pelajaran ini masih melalui buku atau gambar 2D sehingga siswa harus kebanyakan mengkhayalkan bagaimana rotasi, revolusi dan sebagainya yang terjadi di sistem tata surya itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Marker Based Tracking AR ke dalam aplikasi pengenalan sistem tata surya untuk memudahkan siswa/siswi SD dan menambah ketertarikan mereka dalam memahami sistem tata surya. Tujuan lain yaitu menentukan jarak terbaik, sudut terbaik, dan ukuran marker yang paling optimal dalam proses deteksi. Penelitian ini didapatkan melalui wawancara guru, kuesioner untuk siswa, dan tes aplikasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi ARPlanet yang berjalan pada sistem operasi android untuk pengenalan sistem tata surya yang mendapatkan skor rata-rata baik dalam validasi siswa sd. Aplikasi ARPlanet ini dinilai menarik dan diterima oleh siswa dan guru sebagai alternatif media pembelajaran serta efektif dalam membantu proses pembelajaran sistem tata surya di kelas.

Keywords


Augmented Reality; Marker Based Tracking; Sistem Tata Surya; Android.

Full Text:

PDF

References


Apriyani, M. E., Huda, M., & Prasetyaningsih, S. (2016). Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah. JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 8(1), 71. https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.54

Dedynggego, Mohammad, & Affan, M. (2015). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 1(2), 45–60.

Fuaidah, T. (2016). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Vi Mi Nurus Syafi’i Gedangan Sidoarjo [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/12850/

Industri, F. T., Gunadarma, U., Margonda, J., No, R., & Kunci, K. (2020). Analisa dan Perancangan Markerless Augmented Reality Application Rumah Adat Minangkabau dengan Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(3), 443–454. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.3.70

Multazam, M. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design. Universitas Islam Indonesia, 1, 8.

Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(2), 86–92. https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.7987

Rahayu, M. I., Yusmansyah, E. F., & Pratama, K. H. (2017). Implementasi Augmented Reality Sebagai Panduan Mahasiswa Dalam Kegiatan Akademik Di Stmik Bandung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 6(2), 16–22.

Setyawan, R. A., & Dzikri, A. (2017). Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah. Jurnal Simetris, 7(1), 295. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.517

Syahrin, A., Apriyani, M. E., & Prasetyaningsih, S. (2016). METODE MARKER BASED TRACKING PADA AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN BUAH-BUAHAN Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ) Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ). Komputa, 5(1). http://komputa.if.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/vol.5-no.1/2.5.1.3.2016-11-17-2089-9033.pdf/pdf/2.5.1.3.2016-11-17-2089-9033.pdf

Vitono, H., Nasution, H., & Hengky, A. &. (2016). Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android. Universitas Tanjungpura Pontianak, 2(4), 239–245.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v16i2.4174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.