Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Aplikasi Simulasi TOEFL (Test Of English As A Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus: Fakultas MIPA Universitas Mulawarman)

Rizky Fitriani Kemala, Indah Fitri Astuti, Septya Maharani

Abstract


Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di Universitas Mulawarman provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu fakultas yang berbasis pada keilmuan murni. Mahasiswa FMIPA dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi serta meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris untuk keperluan akademik. FMIPA mensyaratkan kepada mahasiswa calon lulusan untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang dibuktikan dengan sertifikat Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan skor minimal yang telah ditetapkan oleh pihak kampus. Mahasiswa satu dengan yang lain pasti mempunyai kemampuan yang berbeda dalam mengerjakan soal TOEFL, sehingga perlu pengelompokan data skor TOEFL berdasarkan jenis soal yang dikerjakan oleh mahasiswa. Algoritma yang digunakan untuk pengelompokkan adalah Fuzzy C-Means. Fuzzy C-Means adalah suatu teknik pengclusteran data yang mana keberadaan tiap-tiap titik data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Sistem aplikasi simulasi TOEFL menggunakan metode Fuzzy C-Means ini dapat mengelompokkan data menjadi beberapa cluster berdasarkan jenis soal dengan skor tertinggi yaitu Cluster Listening Comprehension, Cluster Structure and written expression, dan Cluster Reading Comprehension. Penelitian ini memberikan solusi kepada pengguna agar mempunyai persiapan yang lebih kuat menghadapi ujian TOEFL dan sebagai media belajar bagi siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, juga memberikan saran kepada pengguna yang mempunyai nilai terendah pada jenis soal TOEFL tertentu.

Keywords


TOEFL; Fuzzy C-Means; bahasa Inggris;

Full Text:

PDF

References


Luthfi, E. T. (2007). Fuzzy c-means untuk Clustering Data (Studi Kasus Data Performance Mengajar Dosen). In Seminar Nasional Teknologi. Yogyakarta.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak jilid I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Putra, A. D., Suryono, R. R., & Darmini. (2009). Rancang Bangun Media Pembelajaran Toefl Berbasis Web. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi(SNATI) (pp. 73–78).

Sediyono, E., Widiasari, I. R., & Diponegoro, J. (2006). Penentuan Lokasi Fasilitas Gudang Menggunakan Fuzzy C–Means (FCM). Jurnal Informatika, 2(2), 155–166.

Widodo, G. S. (2013). Perancangan Latihan TOEFL Menggunakan Framework Code Igniter untuk English Course Centre Banjarnegara. Jurnal Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro, 1–10.

Wijaya, A. K. (2014). Implementasi Data Mining dengan Algoritma Fuzzy C - Means Studi Kasus Penjualan di UD Subur Baru. Jurnal Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro, 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v14i1.1954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.