Aplikasi Pengkoreksi Kesalahan Ejaan dan Padanan Kata pada Tugas Akhir Mahasiswa

Yessy Prima Putri, Ridwan Lawson

Abstract


Pada proses pengerjaan tugas akhir atau skripsi, mahasiswa STMIK Indonesia Padang sering sekali melakukan kesalahan penulisan dalam hal pengetikan dan pengetahuan yang kurang terhadap penulisan ejaan dan padanan kata yang paling update dan sesuai dengan KBBI. Kesalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pengetahuan mahasiswa akan penulisan ejaan yang baku, kelalaian mahasiswa yang tidak disengaja, kesalahan pengaturan aplikasi yang digunakan untuk media pengetikan (Microsoft Word, Notepad, Open Office Word) dan beberapa hal lainnya. Aplikasi deteksi kesalahan penulisan skripsi merupakan solusi untuk membantu mahasiswa dalam membuat skripsi dan mendeteksi kesalahan penulisan dokumen skripsi. Salah satu metode indexing untuk meng-indeks teks biasa, untuk mengurangi kapasitas pemakaian storage dan meningkatkan kinerja searching adalah Full Text Indexing. Full Text Indexing merupakan metode yang digunakan dalam mencari kesalahan dalam sebuah teks sebagai alat bantu utama dalam perancangan aplikasi ini. Pada metode Full Text Indexing terdapat 2 tahap yang dilakukan sebelum dilakukan pencarian kata, yaitu tahap tokenizing dan tahap cleansing. Aplikasi deteksi kesalahan penulisan naskah dokumen skripsi dibuat dengan fitur pengecekan kesalahan penulisan dan penyimpanan daftar pustaka dan daftar gambar. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan bisa membantu mahasiswa dalam pembuatan skripsi, terutama dalam pengecekan kesalahan penulisan skripsi.


Keywords


Deteksi, Kesalahan, Penulisan, Skripsi, Full, Text, Indexing

Full Text:

PDF

References


Destiningrum, M. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Bberbasis Web dengan Mmenggunakan Framwork Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centere). Jurnal TEKNOINFO, Vol. 11, N, 30–37.

Firman, A. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, vol.5 no.2, 30.

Fridayanthie Eka Wida. (2016). Rancang Bangun Sistem In Pformasi Permintaan ATK Berbasis Internet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung), IV(2), 126–138.

Hj. Nurmi. (2015). Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata. Jurnal Edik Informatika, V1.i2, 1–6.

Maghfira, T. N., Cholissodin, I., & Widodo, A. W. (2017). Deteksi Kesalahan Ejaan dan Penentuan Rekomendasi Koreksi Kata yang Tepat Pada Dokumen Jurnal JTIIK Menggunakan Dictionary Lookup dan Damerau-Levenshtein Distance, 1(6), 498–506.

Prayitno, A. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, Volume 1 No.1, 1-10.

Pressman, R. S. (2012). Rekaya Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) (Edisi 7: B). Yogyakarta: Andi.

Sari Herlina Latipa. (2013). Pengembangan Jaringan Local Area Network Menggunakan Sistem Operasi Linux Redhat 9. Jurnal Media Infotama, Vol.9, No1, 165-189 .

Supriyanta. (2015). desa wisata Karangrejo sebagai media informasi dan promosi. Penelitian yang dilakukan untuk merancang. Bianglala, Jurnal Vol, Informatika, 3(1), 35–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v14i2.1811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.