Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman

Septya Maharani, Putut Pamilih Widagdo, Heliza Rahmania Hatta

Abstract


Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi membutuhkan perkembangan teknologi dan komunikasi sangat membantu kinerja dan proses bisnis organisasi. Perkembanganya harus menghasilkan manfaat bagi Fakultas agar pelaksanaan akademik berjalan lancar, serta membantu organisasi dalam menjalankan proses bisnis yang dibutuhkan sehingga membantu pengelola organisasi mengambil keputusan. Perubahan bentuk proses bisnis yang digunakan dengan perkembangan teknologi dan komunikasi diharapkan mampu mendorong organisasi untuk memiliki pengelolaan yang lebih baik. Salah satu proses bisnis yang terjadi pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi adalah pengelolaan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL). Pengelolaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di institusi ini masih menggunakan cara manual di sebagian proses bisnisnya. Mahasiswa mengalami kesulitan saat mendaftar disebabkan masih manual hingga tidak efisien dalam pelaksanaan PKL. sehingga manfaat dari perkembangan teknologi dan komunikasi tidak sepenuhnya terpakai. Peneliti bermaksud dan memandang perlu untuk mengembangkan sistem informasi Praktek Kerja Lapangan yang mendukung adminitrasi pendaftaran dan pendataan Mahasiswa PKL. Sistem telah diuji dimana Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan proses bisnis Praktek Kerja Lapangan dengan mudah tanpa harus menggunakan cara manual seperti registrasi untuk mengikuti PKL, menampilkan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan PKL, memanipulasi data yang digunakan yang akan digunakan dalam kegiatan PKL termasuk memudahkan pihak yang bersangkutan mudah dalam melaporkan jumlah Mahasiswa PKL dan mendapatkan informasi stakeholder yang mendukung atau lokasi yang pernah dituju oleh Mahasiswa PKL sebelumnya.

Keywords


Sistem Informasi; Praktek Kerja lapangan (PKL)

Full Text:

PDF

References


Effendi, M. A., & Purnama, B. E. (2011). Perancangan Sistem Layanan Informasi Akademik Berbasis Short Message Service. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 3(2), 8–17.

Hartono, J. (2010). Analisa Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Kadir, A. (2009). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak jilid I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v13i2.1580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.