PENERAPAN FUZZY TAHANI PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMBELIAN RUMAH DI KOTA SAMARINDA

Muhamad Azhari, Anindita Septiarini

Abstract


Rumah adalah tempat dimana kita berkumpul dengan keluarga dan melepas lelah setelah beraktifitas sehari-hari. Dengan melihat kesempatan ini developer perumahan membangun berbagai macam tipe dan ukuran rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan komputer sebagai perangkat yang membantu seseorang menyelesaikan tugas menjadi lebih mudah, lebih efektif dan lebih efisien khususnya dalam kecepatan proses dan keakuratan hasil yang diberikan diharapkan dapat membantu mempermudah konsumen dalam memutuskan memilih sebuah rumah. Penyediaan sistem pendukung keputusan sebagai pemilihan pembelian rumah memungkinkan konsumen memilih tipe rumah sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi terkadang informasi yang dibutuhkan terhadap data yang bersifat samar atau ambiguous. Fuzzy database dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari data yang bersifat samar atau ambiguous. Metode yang dipakai dalam tugas akhir ini adalah fuzzy database model Tahani dengan objek masalah yang diselesaikan adalah rekomendasi pembelian rumah di Kota Samarinda. Data yang disajikan memiliki nilai fire strength atau tingkat kesesuaian dengan kriteria pilihan di atas angka 0 (nol) sampai dengan angka 1 (satu).

Full Text:

PDF

References


Amalia, L., Fannie, Z. B., dan Utama, D.N. 2010. “Model Fuzzy Tahani untuk Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan (SPK)”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010). ISSN 1907-5002 Juni 2010. B-127 – B-132.

Erdipasa, Y. 2009. “Implementasi Fuzzy Query Pada Database Perekomendasian Penerimaan Pegawai”. Skripsi Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hamdani. 2010. “Sistem Pendukung Keputusan Wisata Kuliner dengan Visualisasi Geografi”. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol 5 No. 1 Februari 201. Hal. 19-26.

Juita, S. 2011. “Implementasi Sistem Fuzzy Sebagai Pendukung Keputusan Rekomendasi Perumahan Dengan Metode Inferensi Minimum”. Skripsi Ilmu Komputer, Universitas Sumatra Utara

Kadir, A. 2008. Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta : Andi.

Kusumadewi, S. 2002. Analisis & Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kusumadewi, S., dan Purnomo, H. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Manurung, P. 2011. “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Dengan Metode AHP Dan Topsis”. Skripsi Ilmu Komputer, Universitas Sumatra Utara.

Nugroho, A. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta : Andi.

Tampubolon, M.V. 2010. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penyakit Diabetes Mellitus Dengan Metode Sugeno”. Skripsi Ilmu Komputer, Universitas Sumatra Utara.

Turban, E., Aronson, J.E., dan Liang, T. P. 2005. Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Terjemahan Dwi Prabantini. Yogyakarta : Andi

Wibowo,H., Amalia, R., Fadlun A.M., dan Arivanty, K. 2009. “Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank BRI menggunakan FMADM”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). ISSN 1907-5002 Juni 2009. B-62 – B-67.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v8i2.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.