KONVERSI CITRA MENJADI TEKS UNTUK PENGAMANAN DATA

Anindita Septiarini

Abstract


Pengamanan data dapat dilakukan pada berbagai jenis data, contohnya pada teks, citra, suara maupun video. Pada penelitian ini untuk mengamankan data citra tidak menerapkan metode kriptografi, tetapi dengan cara mengubah data citra yang awalnya berekstensi missal jpeg, gif atau bmp menjadi file teks yang akan disimpan menjadi file .txt. Hal tersebut dilakukan untuk memperkecil ukuran data dan mengelabuhi orang bahwa sebenarnya data asli tersebut berupa data citra.
Dari hasil uji coba yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil konversi yang berupa data teks cukup rumit untuk seseorang memahami pesan yang yang tersimpan didalamnya. Selain itu dengan adanya perubahan jenis file dapat lebih menjaga kerahasiaan citra, sehingga pada penelitian ini tidak menerapkan suatu metode kriptografi.


Full Text:

PDF

References


Gonzalez. R. C. dan Woods. R. E., 2001, Digital Image Processing, Addison-Wesley Publishing.

Hakim, R.A. 2011. “Penyandian File Gambar dengan Metode Substitusi dan Transposisi serta Implementasinya Menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi 7.0” Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Diponegoro.

Mangunpraja, D.R.2007. Konversi Citra ke dalam Bentuk Teks Terenkripsi dengan Memanfaatkan Cipher Abjad Majemuk Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Munir. R, 2004, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Informatika Bandung.

Putra, D. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Siang, J.J. 2002. “Implementasi Sandi Hill untuk Penyandian Citra”. Jurnal Informatika Vol. 3, No. 1, Mei 2002. pp. 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v8i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.