RESPONS PEMBACA ANAK USIA TAHAP OPERASIONAL KONKRET TERHADAP CERITA PENDEK BADUT TERLUCU KARYA SARAH NAFISAH: KAJIAN RESEPSI SASTRA

Enovia Sari, Irma Surayya Hanum, Norma Atika Sari

Abstract


Penilitian ini merupakan penelitian menggunakan kajian resepsi sastra untuk menganalisis respons pembaca anak terhadap cerpen “Badut Terlucu” karya Sarah Nafisah. Penelitian ini memusatkan pembaca anak untuk mendeskripsikan respons pada sebuah cerpen “Badut Terlucu” karya Sarah Nafisah mengenai unsur instrinsik berupa tema, tokoh, latar, alur, gaya bahasa, dan amanat cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yakni memaparkan data berupa uraian kata dan fakta. Data penelitian berupa kuesioner diberikan 55 anak untuk mendapatkan data respons. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa 20 pertanyaan dan jawaban atau respons pembaca anak untuk menganalisis. Teknik analisis data menggunakan kajian resepsi sastra metode eksperimental. Hasil penelitian ini sebagai berikut : bahwa cerpen “Badut Terlucu” karya Sarah Nafisah dalam majalah bobo menunjukkan hampir semua siswa kelas 3 dan 4 Sdadanya  memahami isi cerpen mengenai unsur instrinsik dan ketertarikan anak-anak terhadap cerpen mengenai ilustrasi dan isi cerita maka cerpen “Badut Terlucu” karya Sarah Nafisah terdapat dari respons hasil kuesioner. Bahwa cerpen “Badut Terlucu” karya Sarah Nafisah layak dan sesuai untuk dibaca anak-anak usia 7-11 tahun yakni diantaranya anak SD kelas 3 dan 4.


Keywords


respons anak, cerpen, pembaca anak dan resepsi sastra

References


Anggi Ria, Puspitasari. 2011. Respon Siswa SMP NEGERI 3 KELAPA BANGKA BELITUNG Terhadap Film Laskar Pelangi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. ANGGI RIA PUSPITASARI-FDK.PDF.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, Dwi . 2019.Analisis Resepsi Sastra Terhadap Novel Banat Ar Riyadi Karya RAJAA AL SANEA. Studi Bahasa Dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddinadab Dan Humaniora Institus Agama Islam

Lexembrug, J. V, dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra (terjemahan DIC Hartoko). Jakarta: PT Gramedia.

M. Rafiek. 2013. Pengkajian Sastra. Bandung: Refika Ad itama.

Minderop, Albertine. 2011. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mutia Andika Widyanissa. 2016.Resepsi Pembaca terhadap Cerpen Remon Karya Kajii Motojiro. Program Studi Sastra Jepang Universitas Diponegoro Semarang.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purba, Antilan. 2012. Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Racmat Djoko Pradopo. 2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rien T. Segers. 2000. Evaluasi Teks Sastra. Yogyakarta: ADICITA KARYA NUSA.

Rokhmansyah, A., & Nuryatin, A. 2020. Homosexual Responses In Semarang City Towards Andrei Aksana's Lelaki Terindah Novel. Prosiding 29th International Conference on Literature "Literature, Tourism, and Multicultural Education in the Industrial Era 4.0", 105-114. https://www.researchgate.net/publication/349380865_HOMOSEXUAL_RESPONSES_IN_SEMARANG_CITY_TOWARDS_ANDREI_AKSANA'S_LELAKI_TERINDAH_NOVEL

Sariana, S., Mulawarman, W., & Rokhmansyah, A. (2022). Tanggapan Anak Terhadap Legenda Pesut Mahakam: Kajian Resepsi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(2), 292-298. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/3984

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suaka, I Nyoman. 2014. Analisis Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Sugihastuti, M.S. 2011. Teori Apresiasi Sastra. Celeban Timur: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 1995. Dasar-dasar Psikiosastra. Bandung. Angkasa.

Teeuw, A. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.

Umar Junus. 1985. Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

University Press.

Wahidin. 2009. Hakikat Sastra Anak. http://makalahkumakalahmu.wordpress.com/2009/03/18/hakikat-sastra-anak/ (diunduh 29 agustus 2020)

Witakania.2008. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah.

Wulan, Rahmawati. 2016. Tanggapan siswa kelas XI SMA terhadap Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogykarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.6245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Enovia Sari, Irma Surayya Hanum, Norma Atika Sari

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License