PANDANGAN DUNIA DALAM MERAH PUTIH DI LANGIT SANGA-SANGA KARYA DJUMRI OBENG: KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK

Fitra Wahyuliansyah, Dahri Dahlan, Purwanti Purwanti

Abstract


ABSTRAK

 

Merah Putih di Langit Sanga-Sanga yang diterbitkan tahun 1995 oleh penerbit Puspa Swara adalah roman yang berlatarkan peristiwa sejarah, yakni peristiwa yang dikenal Peristiwa Merah Putih. Peristiwa Merah Putih merupakan peristiwa konfrontasi antara tentara BPRI (Barisan Pembela Republik Indonesia) dengan tentara KNIL (Koninklijke Netherlands Indische Leger) Belanda di Sanga-Sanga, Kalimantan Timur pada tahun 1947. Penelitian ini membahas Merah Putih di Langit Sanga-Sanga secara struktural menggunakan kajian strukturalisme genetik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang ada dalam Merah Putih di Langit Sanga-Sanga, (2) mendeskripsikan pandangan dunia pengarang dalam Merah Putih di Langit Sanga-Sanga, dan (3) mendeskripsikan konteks struktur sosial yang melatar-belakangi Merah Putih di Langit Sanga-Sanga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang sumber datanya merupakan teks dalam Merah Putih di Langit Sanga-Sanga. Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teori strukturalisme genetik Lucien Goldmann. Dari hasil analisis tersebut maka dapat terlihat struktur, pandangan dunia pengarang, dan konteks struktur sosial yang melatar-belakangi Merah Putih di Langit Sanga-Sanga.

Kata kunci: strukturalisme, strukturalisme genetik, pandangan dunia, Sanga-Sanga, Djumri Obeng

 

ABSTRACT

 

Merah Putih di Langit Sanga-Sanga is a romance are based upon historical event known as Peristiwa Merah Putih, and published in 1995 by Puspa Swara. Peristiwa Merah Putih was an event of confrontation between BPRI soldiers and Dutch KNIL soldiers in Sanga-Sanga, East Kalimantan in 1947. This research discusses Merah Putih di Langit Sanga-Sanga using genetic structuralism. This research aims to (1) describe the structures in Merah Putih di Langit Sanga-Sanga, (2) describe the author’s worldview in Merah Putih di Langit Sanga-Sanga, and (3) describe what kind of social structure background of Merah Putih di Langit Sanga-Sanga. This research is descriptive qualitative studies by sourcing Merah Putih di Langit Sanga-Sanga. The data collection is using reading and note-taking techniques. Then, the collected data were analyzed by using Lucien Goldmann’s genetic structuralism theory. From the results can know the structure, author’s worldview, and social structure background of Merah Putih di Langit Sanga-Sanga.

Keywords: structuralism, genetic structuralism, worldview, Sanga-Sanga, Djumri Obeng


Keywords


strukturalisme, strukturalisme genetik, pandangan dunia, Sanga-Sanga, Djumri Obeng

References


Anedict, Benderson. 2008. Imagined Communites: Komunitas-Komunitas Terbayang (Diterjemahkan oleh Omi Intan Naomi). Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pelajar.

Arif, Irwandy. 2014. Batu Bara Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Azra, Azyumardi. 2012. “Kegalauan Identitas dan Kekerasan Sosial: Multikulturalisme, Demokrasi, dan Pancasila” dalam Jurnal Empati: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, Vol.1, No.1 (2012). https://www.researchgate.net/publication/329370011_Kegalauan_Identitas_dan_Kekerasan_Sosial_Multikulturalisme_Demokrasi_dan_Pancasila/link/5c0547a8a6fdcc315f98f54c/download (Diunduh 11 Desember 2019).

Budiawan. 2017. Nasion dan Nasionalisme: Jelajah Ringkas dan Teoritis. Yogyakarta: Ombak.

Cohen, Mitchell. 1994. The Wager of Lucien Goldmann: Tragedy, Dialectics, and a Hidden God. New Jersey: Princeton Univesity Press.

Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Eagleton, Terry. 2002. Marxisme dan Kritik Sastra (Diterjemahkan Roza Mulyati dkk). Yogyakarta: Sumbu.

Alam, Fajar. 2017. Djumri Obeng, Sastrawan Asal Loa Kulu. Samarinda: https://www.sejarahkaltim.com/2017/05/djumri-obeng-sastrawan-asal-loa-kulu.html (Diakses beberapa kali).

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faruk. 2012a. Novel Indonesia, Kolonialisme dan Ideologi Emansipatoris. Yogyakarta: Ombak.

Faruk. 2012b. Pengantar Sosiologi Sastra dari Struktutalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fernando, V., Mulawarman, W., & Rokhmansyah, A. 2018. Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Mellow Yellow Drama Karya Audrey Yu Jia Hui: Kajian Strukturalisme Genetik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 2(1), 71-80. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/1015

Goldmann, Lucien. 1980. Essays on Method in the Sociology of Literature (Translated by William Q. Boelhower). St. Louis: Telos Press.

Goldmann, Lucien. 2013. The Hidden God: A Study of Tragic Vision in the Pensees of Pascal and The Tragedies of Racine (Translated by Phillip Thody). London: Routledge.

Hanggoro, Hendaru Tri. 2019. Pencarian Minyak di Kutai Kartanegara. https://historia.id/ekonomi/articles/pencarian-minyak-di-kutai-kartanegara-6ljbg (Diakses tanggal 12 September 2019).

Hutagalung, Inge. 2013. “Dinamika Sistem Pers di Indonesia” dalam Jurnal Interaksi, Vol.2, No.2 (2013). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/6588 (Diunduh 27 September 2019).

Ikhsan, Khaerul. 2015. Fight Club as an Existential Novel: A Comprehensive Study of Genetic Structuralism. Sebuah Tesis untuk Gelar Sarjana di Universitas Hasanuddin. Tidak Dipublikasikan.

Irhandayaningsih, Ana. 2012. “Kajian Filosofis Tehadap Multikulturalisme Indonesia” dalam Jurnal Humanika, Vol.14, No.9 (2012). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/3988 (Diunduh 13 Desember 2019).

Mappatang, Nasrullah. 2018. Membaca Sastra Memaknai Budaya. Lamongan: PPMPI dan Lovrinz Publishing.

Nasuha, Witri. 2019. 5 Media Massa yang Dibredel di Era Orba. https://nasional.okezone.com/read/2018/12/11/337/1989898/5-media-massa-yang-diberedel-di-era-orba (Diakses 28 September 2019).

Obeng, Djumri. 1995. Merah Putih di Langit Sanga-Sanga. Jakarta: Puspa Swara.

Oktorivia, Ulce. 2010. “Tata Ruang Kota Kolonial di Sanga-Sanga” dalam Jurnal Naditira Widya, Vol.4, No.1 (2010). https://naditirawidya.kemdikbud.go.id/index.php/nw/article/view/131/92 (Diunduh 25 Desember 2019).

Pureklolon, Thomas T. 2018. Politik Nasionalisme Narasi Nasionalisme dalam Membangun Kesadaran Berpolitik dan Bernegara. Malang: Intrans Publishing.

Rajab, Budi. 2004. “Negara Orde Baru: Berdiri di Atas Sistem Ekonomi dan Politik yang Rapuh” dalam Jurnal Sosiohumaniora, Vol.6, No.3 (2004). http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5528 (Diunduh 26 September 2019).

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2011. Teori Marxis dan Berbagai Ragam Teori Neo-Marxian (diterjemahkan Nurhadi). Bantul: Kreasi Wacana.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi (diterjemahkan Sugihastuti dan Robi Abi Al Irsyad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Topan Kristianto, Kevin. 2018. Pertempuran 27 Januari 1947 Di Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebuah Tesis untuk Gelar Sarjana di Universitas Sanata Dharma. Tidak Dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i1.5266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitra Wahyuliansyah, Dahri Dahlan, Purwanti

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License