ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN IBADURRAHMAN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR

Hadika Azizul Ala, Widyatmike Gede Mulawarman, Purwanti Purwanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang alih kode dan campur kode bahasa Arab pada pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman. Tujuan penelitian yaitu: menemukan bentuk alih kode dan campur kode bahasa Arab yang terjadi pada pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman dan menguraikan faktor-faktor terjadinya alih kode dan campur kode bahasa Arab yang terjadi pada pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dekskriptif. Data dalam penelitian ini adalah bahasa Arab pada tuturan guru dan santri di Pondok Pesantren Ibadurrahman. Sumber data penelitian ini adalah pengajar dan santri kelas IX Madrasah Tsanawiyyah Ibadurrahman dalam pembelajaran Muthala’ah, di Pondok Pesantren Ibadurrahman. Lokasi penelitian ini di Pondok Modern Ibadurrahman beralamatkan di Jalan K.H.A. Tsani Karim, L III, Blok C, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: Observasi, rekam, teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: alih kode dan campur kode bahasa Arab pada pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman. Peristiwa yang terjadi berupa alih kode dalam wujud intern dengan bentuk alih kode bahasa Arab kiasan ke bahasa Arab fashih. Alih kode ekstern dengan bentuk alih kode bahasa arab ke bahasa Indonesia. Campur kode yang terjadi berupa campur kode ke dalam berupa sisipan kata bahasa Arab kiasan ke bahasa Arab fashih dan campur kode ke luar berupa sisipan kata, frasa, dan klausa.

 

Kata Kunci: alih kode bahasa Arab, campur kode bahasa Arab, sosiolinguistik

Keywords


Linguistik;Sosiolingistik;Alih Kode;Campur Kode

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v4i4.3025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hadika Azizul Ala

Redaksi Jurnal Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 
Phone: +6287786318599

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.